Bangun tidur, rasanya pusing dan terasa berputar, gejala apakah itu?

N Info Penanya: N
Siang dok, saya 2 hari yang lalu saat bangun tidur kepala saya pusing dan saat melihat ke langit-langit kamar terasa berputar, dan saat saya menggerakkan kepala ke bawah semakin pusing. Apalagi saat melakukan sujud, kepala saya semakin pusing dan berputar.Kondisi ini pernah saya alami setahun yang lalu dok, dan baru kambuh lagi 2 hari yang lalu. Sampai saat ini saya belum minum obat. Dari gejala tersebut saya sakit apa ya dok? Dan saya harus bagaimana?Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Vertigo adalah sensasi berputar atau tidak seimbang yang dirasakan secara tiba-tiba dan dapat berpengaruh apda keseimbangan tubuh. Vertigo dapat muncul selama beberapa detik sampai beberapa jam, pada kasus yang parah bisa berlangsung selama beberapa hari. Keluhan vertigo ini biasanya dipicu oleh perubahan posisi kepala secara mendadak.

Biasanya gejala vertigo ini diikuti oleh keluhan lainnya, seperti mual atau bahkan muntah, sakit kepala, berkeringat tinnitus atau telinga berdenging, atau bahkan gerakan bola mata yang tidak normal.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan vertigo adalah sebagai berikut:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, adapun beberapa cara untuk mencegah terjadinya vertigo adalah:

  • Jika Anda sedang berdiri, maka s sebaiknya segera duduk ketika merasakan pusing berputar / vertigo
  • Berhati-hati karena vertigo dapat memungkinkan Anda untuk terjatuh
  • Hindari ruangan dengan penerangan yang kurang

Selain itu, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi, hidari stres dan kelelahan fisik, cukupi kebutuhan cairan harian, istirahat cukup dan perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran pencernaan, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan

Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Terpikirkan oleh Anda

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran cerna, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan. Selain itu, pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah dan membutuhkan penanganan segera. Salah satu penyakit yang menyebabkan pusing dan mual adalah ketoasidosis diabetik. Kondisi ini merpakan komplikasi diabetes melitus yang mengancam nyawa.