Bangun tidur kepala pusing seperti mau muntah, apa penyebabnya?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
" dokter sya ingin bertanya, tdi pagi hbs bangun tdr mau sholat kok tiba tiba langsung kepala pusing dibuat jalan mlh keliyengan kyk orang mabok gtu, trs sya buat tdr, bangun lagi masih pusing, tpi pusingnya sebelah kiri dri tengah ke belakang saja dan rasanya mau muntah. Itu kenapa dok. Terimakasih"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apa yang anda alami diakibatkan perubahan posisi gravitasi. Ada pusat keseimbangan di dalam telinga yang memerlukan waktu untuk beradapatasi terhadap perubahan posisi dan titik gravitasi tubuh terutama saat bangun tidur. Ini disebutnya benign paroxysmal positional vertigo, keluhan makin terasa jika anda memiliki keluhan pada telinga saat ini.

Sensasi pusing dari telinga dikirim ke otak dan dari otak memberi reaksi ke bagian lain tubuh termasuk ke pencernaan karena ada stress factor sehingga produksi asam lambung meningkat sehingga timbul gas, mual dan kembung. Yang menyebabkan sensasi ingin muntah anda.

Tips untuk mengurangi keluhan, jangan berubah posisi secara mendadak, pelan-pelan saja. Setelah itu jangan lupa sarapan saat beraktivitas. Bila keluhan masih terasa anda bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis Syaraf untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jahe serta rempah lain seperti kayu manis dan jintan bisa menjadi cara menghilangkan mual yang alami

Kenali 10 Cara Menghilangkan Mual yang Ampuh Ini

Untuk menghilangkan mual, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, di antaranya minum obat anti mual, minum jahe, hingga memperbaiki posisi tubuh.