Baking soda dapat memutihkan gigi, benarkah?

S Info Penanya: S, Wanita, 29 Tahun
Dokter, kebetulan saya hobi browsing tentang kecantikan dan menemukan kalau baking soda bisa memutihkan gigi. Itu beneran dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, T.

Baking soda adalah zat kimia yang bernama asli sodium bikarbonat. Zat tersebut bersifat alkali atau dapat mengubah tingkat keasaman tertentu menjadi lebih netral. Terdapat banyak kegunaan baking soda dalam dunia medis, mulai dari pereda asam lambung, pereda gatal dan biduran karena alergi dingin hingga bahan pemutih gigi.

Umumnya gigi yang terpapar berulang oleh konsumsi makanan dan minuman tertentu seperti kopi, teh, anggur merah, soda bahkan buah apel dan kentang dapat meninggalkan noda pada gigi yang lama-kelamaan membuat gigi menjadi terlihat menguning. Kebiasaan merokok, penggunaan antibiotik, kondisi medis tertentu dan penuaan juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Manfaat baking soda sebagai pemutih gigi telah cukup lama dikenal. Sifatnya yang abrasif dapat mengurangi noda pada gigi walaupun dengan konsentrasi yang tinggi. Para peneliti telah membuktikan tingkat keamanannya bahkan dapat mencapai 65% dari kandungan pasta gigi.

Terkait dengan pertanyaan Anda, berikut tips penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi, diantaranya adalah :

  • memilih pasta gigi dengan kandungan baking soda yang tinggi
  • selain baking soda, pilihlah pasta gigi yang juga mengandung hidrogen peroksida karena dapat memperkuat efek pemutih gigi
  • gunakan pasti gigi secara rutin karena penggunaan baking soda tidak dapat menghasilkan efek yang instan
  • hindari menggunakan baking soda mentah pada gigi

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter gigi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara merapikan gigi tanpa behel, salah satunya menggunakan aligner

Ingin Merapikan Gigi Tanpa Behel? Ini Cara yang Bisa Anda Pilih

Banyak cara merapikan gigi tanpa behel yang bisa Anda coba. Beberapa cara tersebut, yakni aligner atau retainer yang tengah digandrungi di masyarakat. Pastikan Anda melakukan prosedur ini hanya di dokter dan klinik gigi yang kompeten.