BAK seperti ada darah di tetes terakhir

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 20 Tahun
Saya ada masalah saat BAK, di tetes2 reakhir sepeeti ada sedikit darah, memang baru selesai haid tapi saya merasa seperti ada yg bengkak di mungkin tempat kencing saya. Itu apa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam FA,

Adanya darah di akhir buang air kecil bisa karena sisa darah haid. Namun jika disertai rasa nyeri dan BAK lebih sering daripada biasanya bisa jadi disebabkan karena infeksi dari saluran kemih Anda.

Gejala dari infeksi saluran kemih adalah BAK yang lebih sering, terasa panas saa BAK, BAK nyeri, urin berwarnna keruh,merah, urin berbau tidak sedap

Untuk mengatasinya bisa dilakukan hal di bawah ini:

  • minum air lebih banyak
  • hindari menahan BAK
  • jika sedang haid, sering ganti pembalut dan cegah lembab di daerah kelamin
  • membersihkan kelamin dari depan ke belakang
  • jaga area kelamin tetap kering setelah BAK dan BAB

Jika sudah melakukan hal yang saya sebutkan diatas namun BAK masih ada darah dan nyeri sebaiknya periksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Salam Sehat,

dr. Joane Rorimpandey

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada pria

Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Gejala infeksi saluran kemih (ISK) merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, ISK pada saluran kemih bagian atas bisa berbahaya. Salah satu gejala infeksi saluran kemih ialah keinginan buang air kecil terus menerus. Selain mengonsumsi antibiotik, langkah pencegahan infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan menyeka air dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus ke vagina dan uretra.