Bayi tidak pipis dalam 24 jam berbahayakah?

AS Info Penanya: AS, Pria, 1 Tahun
Malam dok .dok anak saya dalam 1 hari ngga pipis sama sekali gejala apa dok sedangkan asupan asi cukup
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda idi SehatQ.

Berdasarkan keterangan yang Anda sebutkan, anak tidak bisa kencing bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Dan bisa disertai gejala lain seperti demam, rewel, muntah, diare dan lain sebagainya.

Beberapa penyebab anak tidak bisa kencing adalah :

  1. Dehidrasi
    Bisa terjadi pada anak jarang minum atau terjadi demam. Tanda yang muncul pada anak dehidrasi mulut terlihat kering, terlihat lemas dan tidak aktif, ketika menangis tidak mengeluarkan air mata, mata cekung dan kulit kering.
  2. Sumbatan pada saluran urin.
    Gejala yang mungkin muncul bisa demam, tidak mau makan, mual dan muntah, urine yang dikeluarkan berwarna keruh, gelap, bau, dan bisa juga berdarah.
  3. Gangguan ginjal
    Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring dan membuang zat sisa melalui urin. Bila fungsi ginjal terganggu, produksi urin dapat menurun. Penyebabnya faktor genetik, cacat lahir, infeksi, cedera, hingga penyakit tertentu. Jika anak sama sekali tidak pipis atau terlihat pipisnya sangat sedikit padahal minumnya cukup, dan tubuhnya terlihat membengkak serta kulitnya terlihat pucat, segera periksakan ke dokter.

Karena seharian anak Anda tidak kencing sama sekali, maka Anda wajib segera memeriksakan anak Anda ke dokter anak segera atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan segera karena termasuk kegawatan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan panas dalam dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dingin

Bukan Minum Larutan Penyegar, Ini Cara Menghilangkan Panas Dalam

Cara menghilangkan panas dalam tidak selalu dengan meminum produk komersial, namun bisa juga dengan mengonsumsi buah atau makanan yang bersifat menyegarkan.