Bahu sering dikeraskan sehingga terasa pegal

TR Info Penanya: TR, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya , bahu saya sering kutegangkan/mengeraskan sehingga terasa pegal . Apakah itu baik atau harus dihentikan dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TRG,

Sering menegangkan bahu dapat timbul karena rasa pegal di bahu ataupun karena kebiasaan. Hal ini dapat membuat otot menjadi kaku dan tegang yang dapat menimbulkan masalah seperti kram otot, nyeri otot, mencetuskan sakit kepala tegang dan juga gangguan pada area bahu

Untuk itu ada baiknya menghindari kebiasaan tersebut agar tidak menimbulkan permasalahan tadi. Jaga juga postur tubuh agar lebih baik sehingga tidak menimbulkan keluhan pada anggota gerak. Lakukan juga peregangan secara berkala agar membuat otot lebih rilek, selain itu juga perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan minum banyak air putih untuk mencegah keluhan pada otot. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada tiga jenis sakit kepala primer, yakni sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, dan migrain

Jenis-jenis Sakit Kepala Primer, Sudahkah Anda Mengenalnya?

Sakit kepala, kondisi yang mungkin sering terjadi, terdiri atas beberapa jenis. Salah satu penggolongan kondisi ini adalah sakit kepala primer, jenis sakit kepala yang memang menjadi suatu penyakit. Tiga jenis kepala primer yakni sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, dan migrain.