Bahayakah mengonsumsi emping biji rambutan?

KS Info Penanya: KS, Pria, 18 Tahun
Aku bikin emping dari biji rambutan, apakah ada dampaknya jika dikonsumsi secara terus.?Ada yang mengatakan busa memabukkan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KS,

Buah rambutan adalah salah satu buah yang menyegarkan dimana buah rambutan ternyata tidak hanya bisa dinikmati buahnya saja tetapi juga biji dan kulitnya. Meskipun begitu masih perlu dilakukan banyak penelitian untuk mengetahui manfaat dan juga bahaya dari mengonsumsi biji ataupun kulit rambutan.

Rambutan sendiri memiliki kandungan methanol terutama pada rambutan yang belum terlalu matang. Kadar methanol ini lah yang bisa bermanfaat tetapi juga bisa berbahaya jika terlalu banyak di konsumsi.

Kandungan methanol di rambutan sendiri pada beberapa penelitian dipercaya memberikan efek hipoglikemik yaitu bisa menurunkan kadar gula darah. Jadi apabila mengonsumsi obat atau cendering memiliki riwayat hipoglikemia perlu lebih waspada karena bisa membuat gula darah drop jika terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsinya.

Kadar senyawa alkohol ataupun methanol sendiri juga perlu diteliti lebih lanjut salah satunya terhadap kadar asam urat dalam darah dan pengaruhnya pada organ liver atau organ hati. Jadi ada baiknya tidak terlalu sering mengonsumsi emping dari biji rambutan tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi Pasha

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Koma merupakan kondisi mengancam jiwa sehingga sebagian orang tidak terselamatkan.

Mengenal Koma, ‘Tidur Panjang’ yang Dapat Mengancam Jiwa

Koma adalah suatu keadaan ketika seseorang tidak sadar dalam waktu yang berkepanjangan. Kondisi ini mengancam jiwa sehingga sebagian orang tidak terselamatkan.