Bahaya terpapar virus covid 19 bagi pengidap diabetes melitus

NN Info Penanya: NN, Pria, 42 Tahun
Selamat malam dokter. Mau tanya, saat ini sedang maraknya wabah covid 19. Dan banyak korbannya karena mempunyai riwayat penyakit tertentu. Salah satunya adalah diabetes militus, pertanyaan saya pada kondisi diabetes seperti apa sesorang bisa dinyatakan sangat berbahaya jika terpapar oleh virus covid 19?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NN.

Virus COVID-19 adalah jenis virus baru yang berasal dari kelompok besar virus corona yang menyebabkan berbagai jenis penyakit pada saluran pernapasan seperti penyakit terdahulunya yaitu SARS dan MERS. COVID-19 diduga ditularkan dari hewan liar seperti kelelawar, trenggiling dan ular. Kini COVID-19 dapat menular antar manusia melalui cipratan cairan tubuh atau droplets.

Adapun gejala yang dapat dialami oleh penderita COVID-19, yakni demam, batuk kering, sakit tenggorokan, sesak napas hingga mual, muntah dan diare. Gejala-gejala tersebut dapat bervariasi pada setiap penderita dan dapat bersifat berat, ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Akan tetapi terdapat kekhawatiran pada sekelompok orang tertentu yang memiliki kecenderungan untuk menimbulkan gejala yang lebih berat dan komplikasi jika terkena COVID-19. Kelompok tersebut disebut dengan kelompok yang rentan.

Berikut beberapa kelompok orang yang termasuk kepada golongan rentan, yakni :

  • lansia (usia 60 tahun ke atas)
  • orang dengan riwayat penyakit seperti asma, diabetes, penyakit jantung, hipertensi, kanker, infeksi pernapasan akut, serta kondisi medis lainnya
  • tenaga medis di garda terdepan
  • anak-anak

Mengenai pertanyaan Anda, seorang individu yang mengalami penyakit kronis khusunya diabetes dapat menjadi rentan terkena COVID-19 karena penyakit kronis menyebabkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh penderitanya menurun, sehingga menjadi sulit untuk tubuhnya melawan infeksi. Terutama pada penderita diabetes melitus yang kadar gulanya tidak terkontrol. Keadaan banyaknya kadar gula di dalam darah dapat meningkatkan kemungkinan untuk terjadinya peradangan atau inflamasi yang membuat sistem pertahanan tubuh semakin sulit untuk melawan atau bahkan untuk bertahan.

Untuk itu, ada baiknya Anda untuk lebih waspada dan senantiasa melakukan pencegahan dengan cara berikut ini :

  • rajin mencuci tangan
  • memintga keluarga untuk menyemprotkan cairan disinfektan pada permukaan benda yang sering kali disentuh
  • menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat
  • menjaga jarak aman dengan orang yang sedang sakit
  • biasakan untuk menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut
  • mempelajari dan menerapkan adab batuk dan bersin
  • gunakan masker di tempat yang memiliki risiko tinggi penularan
  • ikuti anjuran pemerintah untuk mengkarantina diri
  • mengikuti panduan sesampainya dirumah jika terpaksa bepergian
  • jika ada keluhan penyakit segera hubungi atau kunjungi fasilitas kesehatan terdekat atau dokter
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bukan Sekadar Kedinginan, Ini 7 Penyebab Kaki Dingin dan Cara Mengatasinya

Kaki dingin mungkin sering Anda rasakan jika cuaca sedang dingin dan kaki tidak dilindungi celana atau kaus kaki yang hangat. Selain kedinginan, ternyata ada beberapa penyebab lain yang dapat memicu terjadinya kondisi ini.