Bahaya sering mengonsumsi antihistamin seperti incidal

O Info Penanya: O
halo dok, aku agak alergi sama debu gitu, tiap kena debu badan kaya bentol trus gatel2 gitu, sering gatel banget sampe pake badak gatel aja ga mempan jadinya aku minum incidal, sering minum incidal gitu bahaya ga ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, O

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Insidal merupakan merek obat golongan antihistamin yang mengandung cetirizine. Antihistamin sendiri adalah kelompok obat-obat untuk mengobati reaksi alergi seperti alergi terhadap makanan, serangga, udara, rhinitis alergi, biduran. Kelompok obat-obatan yang termasuk antihistamin yaitu: generasi pertama (chlorpheniramine, cyproheptadine, hydroxyzine, ketotifen, promethazine) dan generasi kedua (desloratadine, fexofenadine, levocetirizine, cetirizine, loratadine).

Efek samping dari mengonsumsi antihistamin adalah:

Insidal sendiri jika dikonsumsi tidak memberikan efek samping jangka panjang dan aman untuk dikonsumsi. Dosis dari obat insidal untuk dewasa adalah 10 mg, anak usia 2-5 tahun: 5 mg, anak usia 6 tahun atau lebih: 10 mg. Namun, dalam penggunaannya tetap harus dalam pengawasan dokter. Alangkah baiknya jika mengonsumsi insidal harus berdasarkan resep dokter. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam sub bagian alergi untuk dilakukan tes alergi sehingga lebih diketahui lagi hal-hal apa yang menyebabkan alergi pada diri Anda.

 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita alergi udara akan merasakan gatal dan muncul bintik-bintik merah beberapa saat setelah terpapar udara dingin atau panas

Inilah Reaksi Kulit Akibat Alergi Udara Panas Maupun Dingin

Pada penderita alergi udara, reaksi alergi seperti rasa gatal dan bintik-bintik merah akan muncul beberapa saat setelah terpapar udara dingin atau panas.