Apakah bahaya vape saat program hamil ?

F Info Penanya: F, Wanita
Dok mau tanya saya menikah 7 desember 19 ingin sekali hamil secepatnya tpi blm di beri sama allah ? mau tanya nih dok suami saya dulu perkoro aktif tapi berenti karna prnh masuk rumah sakit dan katanya ada sakit paru2 gt tpi berobatnya gak di lanjut dok , skrg dia ganti vape (rokok elektrik) mau tanya kalau saat program hamil gini bahaya gak ya dok vape itu ?? Baiknya berhenti atau gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Rokok elektrik atau yang biasa disebut vape di anggap lebih aman karena tidak ada proses pembakaran seperti rokok tembakau. Padahal, sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan faktor keamanan dari vape tersebut. Vape belum bisa dijadikan sebagai alat pengganti rokok karena kandungan bahan kimia di dalamnya.

Bahaya vape bagi kesuburan laki-laki adalah konsentrasi sperma akan dapat berkurang 23%, pergerakan sperma juga akan menjadi lebih lambat (rata-rata akan melambat hingga 13%), bentuk sperma juga memiliki bentuk yang tidak normal. Tidak hanya laki-laki pada perempuanpun vape juga dapat menyebabkan kerusakan sel telur, berisiko untuk terjadi keguguran, dan masalah pada tuba fallopi.

Saran saya jika Anda sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya hindari atau stop semua sumber nikotin, termasuk rokok dan vape. Kandungan nikotin pada vape juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut dapat berkonsultasi langsung ke dokter spesialis Kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

pantau air ketuban selama kehamilan

Perut Membesar Signifikan Saat Hamil, Bisa Jadi Tanda Kelebihan Air Ketuban

Kelebihan air ketuban pada masa kehamilan dapat memengaruhi perkembangan janin dan menyebabkan risiko komplikasi. Meski tidak membahayakan selalu pantau kondisi kehamilan dan air ketuban Anda. Biasanya, kelebihan cairan ketuban terjadi pada trimester kedua kehamilan.