Bahaya minum air hangat dari dispenser

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
Selamat pagi dokter..Saya ingin bertanya1. Apakah resiko/bahayanya minum air dari despenser yg tabung atas terbuat dari plastik dan tabung pemanasnya dari stenlis anti karat. Soalnya sanya kalau minum airputih selalu yg hangat saya alergi sama air es. Terima kasih atas jawabannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MA,

Syarat air minum sendiri harus memenuhi uji kelayakan dan izin dari BPOM. Air bersih sendiri secara kasat mata memiliki ciri tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau. Untuk lebih jauh lagi dapat dilakukan uji laboratorium untuk memastikan karakter air mulai dari pH air, kandungan elektrolit ataupun ada tidaknya mikroorganisme yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Pada dispenser sendiri yang perlu diperhatikan adalah sumber dari airnya dan juga jenis dispenser dan perawatan dispenser tersebut. Kebanyakan dispenser modern sudah memiliki sistem self cleaning sehingga bisa menjamin kebersihan jika sumber airnya baik. Untuk itu penting memilih produk air yang baik dan melakukan perawatan dan penyimpanan yang baik tidak terpapar matahari langsung dan perhatikan tanggal kadaluarsa.

Jika timbul masalah pencernaan seperti mual, diare, ataupun sakit perut maka sumber air yang digunakan dan dispenser yang digunakan perlu diperhatikan. Minum air putih baik dingin atau hangat tidak menjadi masalah kembali pada individu masing-masing karena ketika masuk saluran pencernaan akan melewati sejumlah organ seperti mulai dari mulut, kerongkongan, lambung dan usus yang akan mengubah suhu sesuai dengan suhu optimal tubuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan prebiotik seperti pisang dan kacang merah dibutuhkan untuk membantu perkembangan bakteri baik atau probiotik dalam tubuh

15 Makanan Prebiotik untuk Jaga Kesehatan Pencernaan

Makanan probiotik penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, tetapi makanan prebiotik juga tidak kalah pentingnya karena makanan prebiotik berguna untuk memabantu perkembangan probiotik dalam tubuh.