Bahaya endometriosis jika tidak ditangani

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dokter mohon infonya. saya didiagnosa ada endometriosis. penyebabnya apa saja? apakah ini berbahaya kalau tidak ditangani?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Endometriosis merupakan salah satu penyakit organ reproduksi yang sering dialami oleh wanita dan dapat mengganggu kesuburan seorang wanita, dimana jaringan yang seharusnya tumbuh di dalam rahim malah tumbuh di organ lain seperti indung telur, tuba falopi, dll.

Gejala endometriosis dapat berupa :
  1. Nyeri haid yang terasa sangat berat.
  2. Muncul perdarahan diluar siklus haid.
  3. Nyeri setelah berhubungan seksual.
  4. Nyeri punggung bawah ketika haid.

Mengenai penyebab endometriosis sendiri saat ini belum bisa dipastikan, namun ada beberapa teori yang menyatakan bahwa endometriosis berhubungan dengan faktor genetik, menstruasi retrograde dimana darah yang seharusnya dikeluarkan lewat rahim malah berbalik masuk ke tuba falopi.

Bila endometriosis ini tidak segera diatasi, maka lama kelamaan akan mempengaruhi kesuburan Anda, dimana nantinya akan lebih sulit untuk memiliki momongan. Namun bukan berarti orang dengan endometriosis tidak bisa memiliki anak.

Sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter kandungan agar bisa ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.