Bahayakah durian bagi ibu hamil?

YD Info Penanya: YD, Wanita, 1 Tahun
Dok, saat ini saya sedang hamil 18 Minggu, karena saya memang sangat suka durian dan belum pernah terjadi hal buruk saat atau setelah memakannya jadi saya rasa tidak masalah jika saya makan. Tapi banyak yg melarang dan menakuti kalau itu akan berisiko buruk dan bisa membuah janin mati di rahim. Mohon penjelasannya apakah benar sebahaya itu? Tapi kemaren saya makan sampai sekarang tidak terjadi keluhan apapun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Y.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada proses kehamilan, memang banyak pantangan yang tidak bisa dimakan oleh ibu hamil. Mulai dari makanan siap saji, makanan berpengawet, minuman bersoda, bahkan buah-buahan mulai dari nanas dan durian pun dilarang. Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi durian karena akan menyebabkan gangguan pada janin. Padahal, tidak seperti itu faktanya. Durian dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Durian memiliki kandungan zat besi, kalsium, asam folat, zinc, karoten, magnesium, vitamin A, C, E, dll yang dimana kandungan tersebut dibutuhkan oleh ibu hamil, sehingga buah ini memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil. Manfaat durian bagi ibu hamil yaitu meningkatkan energi, terhindar dari resiko kolesterol yang tinggi, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, dan membantu dalam pertumbuhan janin.

Walaupun durian sah-sah saja di konsumsi oleh ibu hamil, tetap tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya karena buah ini memiliki kadar glikemik (kadar gula) dan lemak yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan diabetes gestasional pada ibu hamil. Untuk itu, harus dijaga juga jumlah porsi durian yang bisa dikonsumsi pada masa kehamilan ini dan rutinlah melakukan kontrol kandungan ke dokter.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh E
05 Feb 2020, 17:32
iya dok saya juga penasaran mengenai hal ini, bagaimana ya?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos kehamilan yang tidak dapat dipercaya adalah makan nanas dapat mengakibatkan keguguran

Bumil Jangan Percaya dengan 5 Mitos Kehamilan yang Tidak Terbukti Ini

Ada banyak mitos kehamilan yang tidak seharusnya dipercaya dan justru bagus jika dilakukan dengan benar, seperti mengonsumsi nanas secukupnya dan melakukan hubungan seksual saat hamil.