Apa fungsi obat cytotec?

AS Info Penanya: AS
apa efek samping dari obat tsb
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Cytotec adalah obat yang mengandung Misoprostol yang digunakan untuk mengobati tukak lambung, tukak duodenum. Selain untuk lambung, obat ini juga digunakan sebagai obat penggugur kandungan. Obat ini harus diberikan berdasarkan resep dokter. Jad, tidak dapat dikonsumsi sembarangan. Sediaan obat ini berupa tablet 100 mcg dan 200 mcg

Cytotec digunakan untuk mengatasi kondisi medis sebagai berikut:

  • Pengobatan dan pencegahan tukak lambung.
  • Pengobatan penyakit tukak duodenum.
  • Pengobatan pada perdarahan pasca melahirkan.

Walaupun begitu, obat ini memiliki efek samping yaitu diare, perut kembung, dyspepsia, mual muntah, pusing, meningkatkan kontraksi usus, dan ruam kulit. Jika terjadi hal-hal seperti diatas dalam pemakaian obat ini, maka harus segera dibawa ke dokter agar segera ditangani dengan tepat. 

Penggunaan obat ini juga harus diperhatikan terhadap pasien-pasien yang rentan terkena diare, pasien dengan sakit jantung, pasien dengan kondisi hamil atau sedang menyusui, dan pasien yang memiliki alergi obat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
22 Jul 2020, 15:48
Apakah obat ini bisa digunakan untuk terlambat bukan yang saya khawatirkan hamil.. Karena program yang belum siap untuk hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Jul 2020, 08:38
Selamat pagi,
Obat ini tidak dapat digunakan secara sembarangan karena tergolong pada obat keras yang indikasi penggunaannya harus ditentukan melalui pemeriksan dokter terlebih dahulu. Untuk keterangan lebih lanjut pada keadaan Anda, ada baiknya berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dada terasa panas dapat disebabkan oleh berbagai kondisi

10 Penyebab Dada Terasa Panas Ini Perlu Diwaspadai

Ketika mengalami dada terasa panas, Anda mungkin merasa khawatir. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari penyakit lambung, gangguan jantung hingga penyakit paru-paru.