08 May 2021, 23:43Penyakit Lainnya

Bahaya mencampurkan alkohol dengan bahan lain

MP
Info Penanya: MP0
Maaf dok mau nanya seberapa bahaya minuman Anggur merah ditambah es batu dan minuman bandrek. Kok saya pas sudah minum kepala sakit sekali dan perut rasanya mules.
304 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Minuman anggur merah adalah minuman beralkohol sedangkan bandrek adalah minuman dari jahe dan rempah-rempah lain yang di campur dengan gula jawa dan susu. Kedua jenis minuman ini dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga jika diminum bersamaan tentu akan menyebabkan suhu tubuh menjadi tinggi. Sakit kepala dan perut mulas, dapat terjadi karena peningkatan asam lambung yang disebabkan oleh alkohol.

Efek campuran alkohol 

Beberapa gejala lain yang dapat timbul karena konsumsi alkohol adalah gatal, mual muntah, serta rasa panas di tenggorokan, dada, dan perut. Konsumsi alkohol seharusnya tidak dicampur dengan minuman lain, alkohol sendiri memiliki dampak buruk yaitu dapat menyebabkan kerusakan organ hati, penurunan kesadaran, hingga kematian jika dicampur dengan bahan lain yang tidak diketahui efek interaksinya. Untuk keluhan saat ini, konsumsilah obat antasida 3x sehari sebelum makan dan paracetamol 3x sehari setelah makan hingga keluhan sembuh.Beberapa dampak buruk lain dari alkohol adalah reaksi alergi dan intoleransi alkohol. Orang yang tidak dapat mentoleransi alkohol, dapat mengalami ruam merah dan jika disebabkan oleh alergi maka ruam dapat lebih parah, terasa gatal dan umumnya dapat terjadi hingga lebih dari 24jam. Hubungi dokter jika dalam 3 hari keluhan tidak sembuh atau bahkan semakin memburuk.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
alkoholtips kesehatananggur merah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil