Bagaimana mengatasi nyeri perut?

RM Info Penanya: RM
Hallo dokJadi begini, saya sudah sakit perut hampir 2 Minggu. Saya kira awalnya hanya asam lambung saja. Tetapi ternyata setelah diperiksa terdapat bakteriSaya diberi obat, hanya sakitnya masih sajaSakit sekali, sampai perut saya terasa kembung Dan keras, saya juga sempat diare, sering bersendawa, jika makan perut saya bahkan masih terasa sakit, selera juga tidak ada. Sering merasa mualBagaimana cara saya mengatasi sakitnya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit perut merupakan suatu kondisi yang sangat tidak nyaman dan hampir semua orang merasakan gejala ini. Sakit perut sering kali dikaitkan dengan gangguan pada organ-organ di perut seperti lambung, hati, usus, empedu, pankreas, limpa, dan juga ginjal. Penyebab sakit perut itu sendiri tergantung dari letaknya. 

Sakit perut kanan atas biasanya disebabkan kan oleh hepatitis, batu empedu, infeksi ginjal, batu ginjal, dan kanker hati. Sakit perut di kanan bawah bisa disebabkan karena usus buntu, infeksi saluran kemih, radang usus, dan hernia. Sakit perut kiri atas bisa juga disebabkan oleh pembesaran limpa, infeksi ginjal, batu ginjal, dan sembelit. Sakit perut di kiri bawah disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, radang usus, dan obstruksi usus. Sedangkan yang terakhir, sakit perut di bagian tengah disebabkan akibat maag, tukak lambung, kista, kehamilan ektopik, endometriosis, dan keguguran. 

Untuk memastikan sakit perut Anda ini penyebabnya karena apa, maka dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG, CT scan dll. Jika sudah diperiksa dan ditemukan adanya bakteri, maka harus diobati dengan antibiotik yang tepat. Untuk mengurangi gejala Anda ini, Anda bisa konsumsi obat pereda nyeri yang aman seperti ibuprofen atau paracetamol, konsumsi vitamin B6 untuk mengatasi mualnya, banyak minum air hangat, dan kompres dengan air hangat di daerah yang sakit. 

Jika tidak ada perubahan, saya sarankan untuk Anda kembali periksa ke dokter agar kondisi Anda ini di evaluasi kembali sehingga Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bir memiliki kalori tinggi dan mengganggu proses pembakaran lemak sehingga bisa jadi penyebab perut buncit

Alkohol Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit, Ini Penjelasannya

Beer belly sering terjadi pada orang yang mengonsumsi alkohol. Perut buncit akibat alkohol disebabkan oleh kandungan kalori dalam bir sangat tinggi sehingag dapat mengganggu proses pembakaran lemak dan menyebabkan perubahan hormon.