Apakah yang dapat menyebabkan nyeri perut setelah dilakukan operasi caesar?

EW Info Penanya: EW
Selamat siang dok, saya habis SC pada tgl 13 Juni kemarin, saat ini sya rasa ada yg keras dibagian bawah pusat bagian tengah dan sakit jika ditekan dok. Itu karena apa ya? Mohon penjelasan dan solusinya dokter ?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, E

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tindakan operasi sectio caesarea atau sering disebut dengan SC merupakan proses persalinan dengan tindakan pembedahan (operasi). Oleh karena itu, setelah dilakukannya tidakan SC ni perlu dilakukan penjahitan luka operasi. Terkait dengan penyembuhan luka, jaihtan,  setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda terkait penyembuhannya. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah, aktifitas fisik, kebersihan luka, adanya infeksi sekunder pada luka, asupan protein/vitamin/mineral serta gizi dari makanan yang dikonsumsi, adanya penyakt penyerta dan lain sebagainya.

Adapun penyebab nyeri perut setelah tindakan SC adalah:

  • Adanya proses penyembuhan luka
  • Adanya infeksi sekunder pada luka
  • Adanya masalah pada saluran kemih (batu kandung kemih)
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita (kista, mioma dan lain sebagainya)

Terkait dengan keluhan perut yang keras ditekan dibawah pusar, bisa karena rahim masih belum kembali seperti semula setelah proses melahirkan. Hal ini bisa membaik dan membutuhan waktu yang berbeda-beda setiap orangnya. Saran yang bsia Anda lakukan adalah dengan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, cukupilah kebutuahn cairan harian Anda, hindari makanan pedas / berlemak / berminyak, hindari kopi / kafein / alkohol, lakukan olahraga ringan gar badan tetap sehat dan bugar, beristirahat dengan cukup. 

Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan terkait dengan keluhan Anda, sehingga Anda mendapatkan terapi yang sesuai. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi perut kembung yang alami sangat beragam, salah satunya dengan mengonsumsi tempe.

17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi perut kembung tidak semata-mata menggunakan obat. Sejumlah cara alami, termasuk dengan menggunakan kompres air hangat dan menghindari makanan asin, bisa meredakan kondisi perut kembung.