20 Sep 2021, 18:53Kandungan

Bagiamana cara mengatasi panik menjalani kehamilan?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, akhirnya saya hamil anak pertama. Tapi saya merasa takut, deg degan, dan panik. Apa yang menyebabkan kepanikan pada kehamilan anak pertama? Bagaimana cara mengatasi anti panik menjalani kehamilan? Tolong bantu ya, Dok.
87 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Kehamilan merupakan suatu kabar yang dinanti setiap pasangan suami istri.  Ada yang langsung hamil tidak lama setelah menikah ada pula yang menunggu hitungan tahun baru mendapatkan kabar kehamilan.  Ketika yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi tentu dapat menimbulkan rasa bahagia namun diringi pula dengan rasa cemas, apakah kehamilan akan baik-baik saja kedepannya, atau apakah janin berkembangan dengan baik.  Panik atau cemas saat awal hamil sebenarnya hal yang wajar tetapi ketika terlalu berlebih dapat disebabkan karena faktor memiliki cemas dan panik sebelumnya, ada trauma masa lalu terkait kehamilan dan juga faktor perubahan hormonal saat hamil yang membuat emosi menjadi tidak stabil.  Selain perubahan mood, kehamilan juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut dan punggung, badan lebih mudah lelah, dan mual.  Ada kemungkinan hal ini juga memperparah panik saat kehamilan.  

Cara mengatasi panik menjalani kehamilan :

  • Ceritakan rasa yang membuat anda panik dengan pasangan ataupun keluarga terdekat.  
  • Lakukan aktivitas yang mengalihkan pikiran negatif dan mengurangi stres dan panik.  Bisa dengan melakukan hobi seperti memasak, mengurus rumah, dan aktivitas yang ringan lainnya. 
  • Lakukan relaksasi, bisa dengan meditasi, yoga hamil, dan latihan pernapasan dalam. 
  • Pola istirahat teratur, dan hindari begadang. 
Rutin periksa kehamilan untuk memastikan perkembangan kesehatan ibu dan juga janin.  Bila rasa panik selama kehamilan ini menganggu aktivitas sehari-hari ada baiknya coba konsultasi dengan psikolog untuk membantu memberikan dukungan terkait cemas yang dialami. Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
menjaga kehamilangangguan kecemasangangguan panikpemeriksaan kehamilanpsikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil