Bagiamana cara melancarkan haid tidak teratur?

LV Info Penanya: LV, Wanita, 23 Tahun
Melancarkan haid tidak teratur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamt siang LV,

Haid yang teratur normalnya adalah haid yang datang antara 21-35 hari sekali dengan lama perdarahan antara 3-7 hari dengan volume yang normal. Jika mengalami siklus yang tidak teratur seperti sering terlambat menstruasi, haid hanya timbul sedikit dan singkat ataupun gangguan menstruasi lain maka penyebabnya adalah seperti:

  • Gangguan psikologis seperti stres
  • Aktivitas fisik sehari-hari yang bisa berat
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Gangguan pada organ reproduksi
  • Efek obat tertentu termasuk penggunaan alat KB
  • Gangguan kesehatan seperti gangguan kelenjar tiroid

Untuk melancarkannya perlu menjaga keseimbangan dan kesejahteraan fisik dan mental, penting untuk menerapkan pola hidup sehat, menjaga asupan nutrisi, mencukupi kebutuhan istirahat, menjaga berat badan ideal, dan memeriksakan diri untuk mengetahui ada tidaknya gangguan kesehatan yang bisa menimbulkan gangguan siklus menstruasi.

Upaya lain juga bisa membantu melancarkan menstruasi seperti dengan rutin berolahraga, mengonsumsi cuka apel, jahe, kayu manis, atau nanas yang dipercaya mampu melancarkan haid. Jika keluhan masih sering timbul dan haid tetap tidak lancar periksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

LV
29 Oct 2019, 14:30
Saya sudah periksa ke dokter dok. kata dokternya semua baik baik aja, terus saya di kasih obat lutenyl, katanya untuk merangsang hormon. 2 minggu setelah saya minum lutenyl saya haid. 1 bln setelahnya saya tidak haid lagi dok. Saya harus bagaimana ya dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.