Bagaimana siklus haid yang normal?

SF Info Penanya: SF, Wanita, 22 Tahun
dokter, saya ingin tanya saya sudah 2 minggu ini dapat haid terus dan itu sudah berlangsung lama. warna haid sayapun berubah-ubah kadang mengeluarkan darah merah segar, terkadang mengeluarkan darah hitam. dan terkadang keluar banyak dan kadang sedikit apa ini dikatakan sebagai haid yang wajar pada usia saya yang 22 tahun. mohon untuk sarannya dokter. terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hampir setiap wanita pasti mengalami masa haid hingga mencapai masa menopausenya. 21 hari sampai dengan 35 hari adalah siklus haid normal pada wanita yang bisa dihitung sejak hari pertama haid pada periode bulan ini hingga hari pertama haid pada periode bulan berikutnya. Sedangkan 3-7 hari adalah waktu yang dikatakan normal ketika wanita sedang dalam masa haid. Perdarahan yang terjadi pada saat haid juga bermacam-macam bisa berupa bercak (flek), cairan kental, atau bahkan gumpalan. Begitupula dengan warna darah yang keluar ketika sedang haid, bisa berwarna merah gelap, merah kecoklatan, merah kehitaman, hitam ataupun coklat. 

Kondisi tertentu yang bisa menyebabkan siklus haid tidak lancar adalah:

  • Adanya gangguan terkait hormon dan atau organ reproduksi wanita
  • Adanya masalah pada berat badan seperti obesitas atau justru berat badan kurang
  • Adanya stres dan kelelahan fisik karena aktifitas yang berlebihan
  • PCOS
  • Efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi (KB)

Terkait dengan pertanyaan Anda apabila Anda mengalami haid selama 14 hari maka perlu diwaspadai karena bisa saja disebabkan oleh mioma uteri, polip rahim, polip serviks, dll. Oleh karena itu, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan diketahui penyebabnya.

Tetaplah berusaha mengonsumsi makanan sehat bergizi, sebisa mungkin untuk menghindari stres dan kelelahan, jaga berat badan ideal, dan lakukanlah olahraga agar badan tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.