Bagaimanakah infeksi paru dikatakan sembuh?

AM Info Penanya: AM, Pria, 19 Tahun
Saya sakit infekai paru,, sudah minum obat.. apakah klo sudah tidak batuk2 brarti sudah sembuh??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, AM.

Infeksi paru merupakan peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau paraasit. Penyakit infeksi paru ada berbagai macam, yaitu TBC, Pneumonia, bronkitis. Masing-masing penyakit membutuhkan obat-obatan dan penanganan yang berbeda. Pada umumnya, gejala infeksi paru antara lain:

  • Demam
  • Batuk berdahak (dalam beberapa kasus didahului dengan batuk kering)
  • Sesak napas
  • Nafsu makan menurun
  • Nyeri dada
  • Berkeringat

Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu dikaji kembali apakah obat-obatan yang Anda minum berasal dari Dokter Spesialis Paru atau Dokter yang bersangkutan? Peresepan oleh Dokter berkaitan dengan lamanya pengobatan dan dosis. Seperti contoh jika infeksi paru Anda termasuk ke dalam Tuberkulosis atau TBC, maka pengobatan akan membutuhkan waktu setidaknya enam bulan. Meskipun batuk sudah mulai mereda atau tidak muncul lagi, ketepatan waktu dan dosis minum obat masih wajib diperhatikan. Karena bisa saja kuman dalam tubuh Anda hanya sedang lemah. Jika Anda memeberhentikan pengobatan begitu saja hanya karena sudah tidak batuk, maka kuman dapat kuat dan menyerang kembali. Begitupun dengan infeksi paru lain seperti pada bronkitis dan pneumonia. Jika Dokter memberikan terapi berupa antibiotik atau yang harus dihabiskan, maka walaupun batuk Anda sudah mereda, ketaatan pengobatan masih harus diperhatikan. Hal ini untuk menghindari risiko resisten tubuh terhadap kuman terkait. 

Mengenai kondisi tubuh apakah sudah pulih setelah obat habis, kontrol dengan Dokter yang bersangkutan sangat diperlukan untuk memeriksa secara fisik keadaan Anda. Jika dalam pemeriksaan fisik berupa mendengar suara paru oleh Dokter tidak ditemukan apa-apa, maka Anda dapat dinyatakan sembuh dan tidak harus lagi untuk meminum obat.

Beberapa cara untuk mengatasi gejala batuk dengan infeksi paru di rumah, antara lain:

  1. Berkumur dengan air garam. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kemudian kumur selama tiga puluh detik, lalu buang.
  2. Seduh jahe dalam air mendidih, kemudian tambahkan lemon dan madu.
  3. Menggunakan pelembab udara.
  4. Hindari merokok.
  5. Memakai masker jika keluar rumah.
  6. Istirahat cukup.
  7. Makan makanan bernutrisi untuk membantu pemulihan.
  8. Taat dan patuh terhadap pengobatan Dokter.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.