Bagaimanakah cara menghilangkan flek hitam di hidung?

DL Info Penanya: DL, Pria, 19 Tahun
Bagaimana cara menghilangkan flek hitam di hidung
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, DL.

Flek hitam merupakan bintik-bintik gelap terutama pada wajah yang disebabkan oleh peningkatan pigmen kulit atau biasa disebut melanin. Flek hitam umumnya tidak membahayakan. Flek hitam juga dapat terjadi akibat dari kebersihan kulit yang tidak terjaga. Paparan sinar UV pada matahari serta polusi dapat juga meningkatkan risiko flek hitam.

Bebarapa cara mengatasi flek hitam secara alami, yaitu:

  1. Rutin membersihkan wajah dengan sabun yang sesuai tipe kulit.
  2. Lidah buaya. Gosokkan getah lidah buaya pada hidung kemudian diamkan beberapa saat. lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin. Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah.
  3. Jeruk nipis atau lemon. Belah jeruk nipis, dan gosokkan ke hidung Anda kemudian diamkan beberapa saat. Llau bilas hingga bersih. Kandungan vitamin C nya dapat memicu regenarasi kulit. 
  4. Putih telur. Campur putih telur dengan tepung jagung dan minyak zaitun. Kemudian balurkan pada hidung Anda. Diamkan kurang lebih dua puluh menit, lalu bilas hingga bersih.
  5. Pepaya. Buah pepaya kaya akan vitamin C dan E yang berfungsi untuk peremajaan kulit. Hancurkan pepaya sampai halus, kemudian balurkan ke hidung atau wajah. Diamkan sekitar dua puluh menit, lalu bilas hingga bersih.

Agar terhindar dari flek hitam, maka Anda sebaiknya:

  1. Rutin menjaga kebersihan kulit dengan memakai sabun yang sesuai tipe kulit.
  2. Memakai produk kosmetik wajah yang sesuai jenis kulit.
  3. Sering-seringlah membiarkan wajah bebas dari riasan.
  4. Memakai produk yang dapat melindungi wajah dari sinar UV.
  5. Hindari polusi dan sinar matahari secara langsung.

Flek hitam umumnya dapat memudar dengan sendirinya. Namun, jika keadaan semakin memburuk, yakni flek hitam semakin meluas, menebal, atau mudah berdarah maka Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Kulit (SpKK).

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Actinic keratosis dapat berpotensi menjadi kanker kulit

Waspadai Aktinik Keratosis pada Kulit Untuk Anda yang Sering Berjemur

Actinic keratosis terjadi saat kulit menjadi kasar pada wajah akibat paparan sinar UV dari matahari. Gejala yang muncul adalah bercak kulit yang berwarna kemerahan atau kecoklatan, kulit terasa gatal atau panas.