Bagaimanakah cara mengatasi sakit kepala secara alami?

GC Info Penanya: GC, Pria, 19 Tahun
Dok kepala saya kok bisa tiba tiba panas dan penglihatan menjadi hitam .Misalanya ini saya lagi golek dan saya tiba tiba bangun dan kepala saya itu langsung panas pandangan jadi kabur dok.Itu penyebabnya apa dok dan apa obatnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, GC.

Terkait dengan gejala yang Anda sebutkan, kemungkinan Anda mengalami:

  1. Vertigo. Kondisi dimana pasien merasa pusing diikuti penglihatan berputar atau gelap dan biasanya di sebabkan oleh perubahan posisi (dari tidur ke duduk, dari duduk ke berdiri, atau sebagainya). Vertigo terjadi berkaitan dengan adanya gangguan dalam sistem labirin telinga bagian dalam. Pemicunya dapat berupa kelelahan, stres, alkohol, rokok, dan penyakit lain (diabetes, stroke, tumor otak).
  2. Migrain dengan aura. Migrain dapat timbul dengan atau tanpa aura. Aura merupakan tanda yang muncul sebelum migrain menyerang. Gejala yang khas migrain dengan aura berupa : nyeri kepala berdenyut di satu sisi diikuti dengan adanya gangguan visual  (melihat lampu berkedip atau titik hitam), merasa pusing atau tidak seimbang, merasa panas atau sangat dingin, kehilangan kesadaran. Pemicunya dapat berupa makanan (coklat, keju, alkohol), stres, kelelahan, gangguan tidur, cahaya terang.
  3. Infeksi lain. Kepala terasa panas dan sakit dapat terjadi karena adanya infeksi lain, seperti influenza, infeksi pada telinga, infeksi saluran kemih, sinusitis, dan lain-lain. Untuk penyebab nya berupa infeksi, harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk meredakan gejala, yaitu:

1. Minum banyak air putih minimal dua liter per hari.

2. Tidur yang cukup.

3. Hindari makanan dan minuman pemicu.

4. Kompres air dingin.

5. Mengonsumsi vitamin B komplek.

6. Relaksasi otot dengan aromaterapi atau mandi air hangat.

7. Hindari perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba.

8. Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen sebagai pereda nyeri.

Jika gejala Anda tidak kunjung membaik lebih dari tiga hari, disertai mual muntah, kehilangan kesadaran, atau mati rasa di beberapa bagian tubuh, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.