Bagaimana solusi wasir tidak sembuh-sembuh?

RB Info Penanya: RB, Pria, 25 Tahun
Saya kena wasir. .brobat dah 3 kali ke klinik..ke apotik juga sudah bbrpa x .tp wasir ga smbuh2 ,ga mengecil..sya dpt dokter khusus wsir tp cuma konsultasi aja 300 rbu..blum biaya obat dan laen2 beda lagi,.dan ktnya 8 jtan ..pdhal ga operasi..mknya sya batalin ga jd..trus gmna solusinya yah dik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RB,

Wasir atau ambeien adalah benjolan di anus yang menyebabkan keluhan BAB disertai dengan darah yang menetes dan menimbulkan rasa nyeri.

Banyak faktor yang memicu munculnya ambeien pada seseorang seperti :

  1. Sering mengejan.
  2. Kebiasaan sulit BAB karena kotoran keras akibat kurang serat dan minum air putih.
  3. Kebiasaan duduk di kloset dalam jangka waktu lama seperti kebiasaan BAB dengan membaca koran atau bermain HP.
  4. Diare kronis.
  5. Olahraga seperti angkat beban yang terlalu berat.

Penanganan ambeien sendiri tergantung dari seberapa benjolan dan apakah benjolan dapat kembali masuk ke dalam anus atau harus dibantu agar dapat kembali masuk atau malah benjolan tersebut tidak bisa masuk samasekali. Bila benjolan tidak dapat masuk atau sering muncul gejala BAB berdarah, maka sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter bedah untuk proses operasi, dan hal ini sepenuhnya ditanggung oleh BPJS asal mengikuti prosedur yang berlaku seperti aktif sebagai anggota dan memiliki surat rujukan ke RS. Selain itu perlu menjaga pola hidup sehat dengan cara memperbanyak asupan sayur, buah serta minum air putih minimal 2 liter per hari, hindari makanan pedas dan hindari kebiasaan mengejan, selain itu dapat berendam dengan air hangat untuk mengurangi nyeri.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RB
21 Oct 2019, 19:52
Ih gtu ya dok.. trmksih atas penjelasannya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran berserat tinggi banyak ragamnya, termasuk kubis brussel yang rasanya lezat

Jenis Sayuran Berserat Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Bimbang

Sayuran berserat tinggi banyak ragamnya sehingga cenderung tak perlu kita pusingkan. Namun, beberapa jenis sayur memang mengandung kadar serat yang lebih tinggi, termasuk wortel, bit merah, brokoli, hingga asparagus.