Bagaimana solusi bila sering sakit ulu hati

IS Info Penanya: IS, Pria, 39 Tahun
Mau tanya pun ulu hati sering sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Pak IS,

Nyeri epigastrium adalah istilah medis untuk keluhan yang letaknya di ulu hati. Dan penyebab nyeri epigastrium umumnya salah satu dari berikut:

1. Gastritis

Gastritis adalah peradangan lambung, terjadi pada individu dengan pola makan dan istirahat yang tidak baik. Pola makan yang tidak baik ialah makan tidak tepat waktu, konsumsi pedas, asam, makanan, santan, kopi, rokok, dan juga alkohol berlebihan. Stress merupakan penyebab lain gastritis , terjadi ketika tubuh kurang istirahat maupun ketika secara pikiran tertekan. Gejalanya nyeri epigastrium terasa memberat ketika berbaring, tidak ada penjalaran lokasi, umumnya dideskripsikan seperti ditusuk-tusuk, dan ketika habis makan dapat timbul begah atau kembung. Pada keadaan berat dapat disertai muntah yang bercampur asam lambung, kadang juga keringat dingin.

2. Batu kantong empedu

Kantong empedu menyimpan cairan yang membantu tubuh mencerna lemak, yang disebut dengan cairan empedu. Pada kandung empedu penyakit tersering ialah batu kandung empedu, dapat disebabkan obesitas, faktor keturunan, dan pola makan makanan berlemak. Gejalanya sakit perut yang muncul luar biasa sampai pasien sering membungkuk, dapat hilang timbul beberapa kali dalam sehari terutama setelah makan, lokasi dari ulu hati menjalar ke sisi kanan dan belakang di antara tulang belikat. Dapat disertai mual, tinja berubah warna menjadi pucat, dan sklera (bagian putih mata) kekuningan, serta buang air kecil menjadi kecoklatan seperti teh.

3. Pankreatitis

Pankreas juga organ yang terletak di sekitar ulu hati, berfungsi menghasilkan enzim yang mencernakan makanan. Pankreas meradang akibat benturan atau hantaman, konsumsi alkohol berlebih, dan infeksi virus. Sakit ulu hati akibat pankreatitis bisa dirasakan hingga ke punggung dan bahu kanan, diiringi muntah, serta kekakuan perut atas. Nyeri dapat berjam-jam sampai berhari-hari dan ada perubahan tinja menjadi berminyak.

Untuk memastikan memang perlu pemeriksaan di dokter spesialis penyakit dalam atau dokter umum. Dokter akan memeriksakan tekanan darah, suhu, dan sklera mata, dan lalu pemeriksaan daerah abdomen yang meliputi perabaan ada tidaknya bengkak atau massa, adanya nyeri tekan, adanya penjalaran, dll. Jika perlu dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kimiawi hati dan pankreas jika diduga gangguan di sana. Pemeriksaan imaging berguna untuk kasus yang akut bahaya dan juga kasus yang tidak sembuh umumnya dimulai dengan USG abdomen dan dilanjutkan CT Scan abdomen sesuai indikasi.

Lengkapnya dapat dibaca di artikel kami. Ada juga bentuk yang lebih jarang yang disebabkan iritasi usus dan penyakit pembuluh darah koroner jantung.

Tips mengatasi sakit ulu hati:

  1. Perbaiki pola makan, makanlah makanan yang seimbang dan tepat pada waktunya. Hindari rokok dan alkohol. Batasi konsumsi kopi.
  2. Makanlah dalam porsi kecil namun lebih sering untuk mencegah peningkatan asam lambung berlebih. Dapat membawa cemilan berupa biskuit atau pisang atau roti untuk mengisi waktu tiap 3 jam.
  3. Olahraga dan istirahat cukup
  4. Hindari konsumsi sembrang obat dan jamu-jamuan apalagi yang bila setelah dimakan terasa tidak nyaman di perut. Konsultasikan suplemen dan jamu-jamuan ke dokter Anda untuk mengetahui ada tidaknya kandungan yang dapat mengiritasi lambung. Perbanyak minum air putih
  5. Dapat konsumsi obat antasida yang dijual bebas tiga kali sehari setengah jam sebelum makan. Dalam bentuk cair lebih baik karena mula kerja cepat dalam menetralkan asam lambung.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mencegah anemia adalah salah satu manfaat daging sapi yang bisa didapatkan

Jangan Lewatkan Manfaat Daging Sapi Ini untuk Kesehatan

Selain untuk memenuhi kebutuhan protein harian, daging sapi juga disebut bisa membantu mencegah anemia. Anda bisa merasakan manfaat daging sapi secara maksimal, apabila diolah dengan cara yang sehat.