16 Jul 2021, 13:18Kandungan

Bagaimana rasanya bayi cegukan dalam perut?

AZ
Info Penanya: AZ0
Dok, banyak yang bilang kalau bayi bisa cegukan di dalam perut. Apa yang akan dirasakan oleh ibu hamil ketika bayi cegukan dalam kandungan?
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaKondisi bayi cegukan saat di dalam kandungan adalah kondis yang wajar. Cegukan terjadi ketika adanya pergerakan otot-otot diafargama (pemisah antara rongga dada dan perut). Penyebab utmana dari ceguan pada bayi di dalam kandungan sampai saat ini belum diketahuo secara pasti, namun diduga karena proses pematangan paru.Cegukan pada bayi di dalam kandungan dianggap wajar bila dirasakan ibu sekitar usia kehamilan 6 bulan, meskipun baisanya bayi didalam kandungan sudah bisa cegukan sekitar uisa 8-10 minggu. Kondisi yang dirasakan ibu hamil ketika bayinya mengalami cegukan adalah gerakan seperti tendangan bayi namun lebih lembut atau samar.Pada usia kehamilan 32 minggu, biasanya cegukan ini sudah tidak mucl kembali karena bayi sudah mempunyai kemampuan bernapas yang lebih baik.

Cara yang bisa dilakukan agar meredakan cegukan yang berlebihan pad abayi di dalam kadungan adalah:

  • Pastikan ibu hamil tidak cemas dan mengatasi stres dengan baik
  • Memposisikan diri lebih nyaman seperti duduk, atau berbaring
  • Berjalan perlahan
  • Minum air cukup
  • Tetap konsumsi makanan sehat dan bergzi untuk ibu hamil
Bila beberapa cara di atas sudah dilakukan namun cegukan pada bayi belum membaik atau terjadi lebih dari 15 menit segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
hamilkehamilancegukan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil