30 Jun 2021, 17:48Psikologi

Nyeri dada setiap hari, apakah gangguan kecemasan ?

MG
Info Penanya: MG0
Bagaimana langkah dan cara untuk mendapatkan surat rujukan rontgen dada dok? karena beberapa lab di kota saya mewajibkan surat rujukan untuk melakukan lab radiologi. dan apa saja penyakit dan infeksi yang dapat direkam oleh rontgen dada? saya ingin rontgen dada karena sering merasa cemas akibat nyeri dada setiap hari. dan bagaimana prosedurnya dok?
229 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Nyeri dada yang dirasakan setiap hari memang dapat membuat cemas. Nyeri dada dapat merupakan sesuatu yang berbahaya dan tanda sebuah penyakit atau hanya sekedar "perasaan" saja.

Apa yang menyebabkan nyeri dada setiap hari ?

Nyeri dada setiap hari yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut antara lain :
  • Masalah pada jantung dapat berupa angina pectoris karena sumbatan pembuluh darah koroner, penyakit jantung hipertensi, infeksi selaput pembungkus jantung, jantung bocor.
  • Benturan pada dada.
  • Infeksi pada paru seperti PBC, pneumonia, covid.
  • Asma bronkiale.
  • PPOK.
  • Maag dan GERD yang dipicu rasa cemas serta takut.

Bagaimana langkah dan cara untuk mendapatkan surat rujukan rontgen dada ?

Jika Anda menggunakan BPJS, surat rujukan rontgen dada dapat diberikan jika benar ada indikasi mengarah ke kelainan di organ dada. Tentunya ini dengan pemeriksaan dan terapi dokter di fasilitas pertama terlebih dahulu. Jika tidak membaik, dokter akan merujuk pasien ke dokter spesialis penyakit dalam atau jantung sesuai dengan penyakit. Di dokter spesialis Anda akan di EKG atau di rontgen dada jika diperlukan.Untuk itu, lakukan pemeriksaan ke dokter fasilitas pertama terlebih dahulu ya. Tidak perlu membawa rujukan langsung ke laboratorium karena dokter spesialis yang menentukan Anda perlu rontgen dada atau tidak. Rontgen dada dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai penyakit seperti yang saya sebutkan di atas. Atasi rasa cemas Anda dengan baik. Tidak semua nyeri dada karena penyakit. Jika Anda terus menerus merasa cemas walau semua hasil pemeriksaan normal, lakukan konsultasi ke dokter psikiater.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
gangguan kecemasanpenyakit jantung koronernyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil