Bagaimana prosedur pemasangan balon di jantung ?

RA Info Penanya: RA, Pria, 23 Tahun
selamat pagi dok, saya menderita sakit katup jantung sudah beberapa tahun dan baru ketahuan sekitar 3 bulan ini. kata dokter penyebabnya adalah demam rematik, saya sudah berusaha berobat dan kata dokter solusinya adalah pemasangan balon. tolong di jelaskan dok bagaimana dan seperti apa itu pemasangan balon di jantungterima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang. RA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit katup jantung terjadi ketika katup jantung tidak berfungsi seperti yang seharusnya, sehingga menyebabkan aliran darah tidak normal.

Beberapa faktor risiko terjadinya kondisi tersebut adalah :
  • usia lanjut
  • riwayat infeksi yang berhubungan dengan jantung (salah satunya demam rematik)
  • tekanan darah tinggi
  • kadar kolesterol jahat yang tinggi
  • kelainan jantung bawaan
  • penyakit diabetes

Mengenai pertanyaan Anda tentang prosedur pemasangan balon yang dalam bahasa medis disebut dengan valvuloplasty, memang merupakan salah satu pilihan prosedur untuk penyakit katup jantung. Secara garis besar prosedur dilakukan untuk menggantikan katup atau melebarkan katup yang sempit dengan balon khusus. Prosedur operasi ini merupakan tindakan yang menggunakan metode minimal invasif (pembedahan minimal) yang dilakukan denga cara memasukkan kateter kecil ke pembuluh darah menuju jantung. Setelah sampai pada katup jantung yang dituju, dokter akan mengembangkan balon pada ujung kateter untuk mendorong katup hingga terbuka, kemudian dokter akan mengempsakan kembali balon dan mengeluarkan kembali kateter.

Apabila Anda menginginkan informasi lebih lanjut mengenai prosedur dari operasi tersebut sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter jantung Anda, sehingga informasi yang Anda dapatkan sesuai dengan kondisi kelainan katup jantung pada Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mempelajari gejala stroke merupakan langkah awal untuk meminimalkan risiko dampak yang lebih parah

Waspadai Gejala-gejala Stroke Berikut Sebagai Langkah Antisipasi Anda!

Mempelajari gejala stroke merupakan langkah awal untuk meminimalkan risiko dampak yang lebih parah, bahkan bisa berujung pada kematian. Risiko stroke yang lebih tinggi juga menghantui penderita diabetes dan penyakit jantung.