Bagaimana proporsi tubuh yang ideal pada manusia?

M Info Penanya: M
Dok, ada tidak sih perbandingan antar bagian tubuh manusia? Misalnya panjang lengan dibandingkan panjang kaki yang proporsional terhadap tinggi badan? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam M,

Bentuk tubuh manusia sendiri ada beragam jenisnya dimana bisa berbeda-beda ada yang memiliki bentuk badan yang lebih lebar, kaki yang lebih jenjang, tangan yang lebih panjang ataupun beragam variasinya. Semua ini sebenarnya merupakan variasi individu yang normal sehingga perlu menyikapinya dengan pikiran yang lebih positif agar tidak timbul rasa tidak puas dengan bentuk tubuh atau disebut body dysmorphic disorder.

Bentuk dan proporsi tubuh sendiri bisa dipengaruhi oleh banyak hal seperti:

  • Faktor genetik
  • Faktor nutrisi
  • Aktivitas harian
  • Adanya gangguan pertumbuhan
  • Penyebab lainnya.

Walaupun proporsi tubuh berbeda-beda, yang paling utama adalah agar menjaga proporsi berat badan dan tinggi badan ideal sehingga tidak kekurangan berat badan ataupun berat badan yang berlebih sampai obesitas. Untuk mengetahuinya bisa dihitung dengan mengukur indeks massa tubuh (IMT) apakah sudah ideal atau belum.

Indeks massa tubuh adalah perbandingan antara berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan. Rentang normalnya adalah antara 18,5-24,9. Jadi jika saat ini indeks massa tubuh Anda belum ideal ada baiknya bisa mulai diet untuk memperbaikinya atau bisa berkonsultasi pada dokter spesialis gizi untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakarin adalah pemanis buatan yang tidak mengandung kalori

Mengkaji Aman Tidaknya Sakarin, Si Pemanis Buatan dalam Makanan

Sakarin sering kita temukan pada label komposisi makanan dan minuman manis dalam bentuk kemasan. Sakarin biasanya dicampurkan sebagai pengganti gula karena tidak mengandung kalori dan karbohidrat.