Bagaimana posisi tidur yang baik untuk jantung?

BV Info Penanya: BV, Pria, 20 Tahun
Bagaimana posisi saat tidur yang baik , untuk kesehatan jantung
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BV,

Posisi tidur adalah salah satu faktor yang berperan pada kualitas tidur seseorang. Jika posisi tidur tidak baik dapat menimbulkan sejumlah keluhan terutama pada anggota gerak seperti keluhan nyeri leher, nyeri punggung dan lainnya.

Posisi tidur juga dipercaya memberikan manfaat kesehatan pada kondisi-kondisi tertentu. Untuk kesehatan jantung sendiri ada beberapa pendapat ahli dan penelitian dimana posisi tidur yang baik untuk jantung adalah dengan posisi miring. Untuk miring kanan atau kiri sendiri bisa bergantung dari kondisi yang dialami.

Jika memiliki keluhan debar jantung yang kurang cepat atau disebut bradikardi dapat disarankan miring ke kiri agar meningkatkan heart rate ketika tidur. Selain itu miring kiri juga cukup baik bagi penderita asam lambung untuk mencegah terjadinya refluks dari asam lambung. 

Tetapi jika tidak ada gangguan dapat disarankan untuk miring ke kanan karena bisa menurunkan detak jantung sehingga lebih relaks, mengurangi sesak, membantu memperbaiki cardiac output, mencegah mengorok, dan juga mencegah organ jantung terhimpit oleh organ lain di rongga dada karena peran gravitasi. Yang utama juga jika tidur miring perlu menggunakan guling atau bantal di antara lutut untuk mencegah nyeri punggung atau tulang belakang.

Selain posisi tidur tentunya perlu menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara cukup tidur dan beristirahat, rutin berolahraga, batasi asupan kafein dan asupan garam, hindari makanan berlemak, lakukan pemeriksaan kesehatan berkala pada dokter dan jaga tekanan darah agar tetap normal serta menjaga kesehatan mental. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara agar tidur nyenyak akibat mimpi buruk adalah dengan meditasi

Terganggu Mimpi Buruk? Tenang, Ini Cara Agar Tidur Nyenyak Kembali

Mengalami mimpi buruk mungkin akan membuat sulit tidur. Cara agar tidur nyenyak kembali yaitu tarik dan hembuskan napas perlahan, meditasi, memasang musik tenang serta berdoa.