Bagaimana perawatan setelah kuret dan apa efek samping kuret?

S Info Penanya: S
Saya habis kuretasi kandungan..yg saya mau tanyakan apakah habis kuret itu berpengaruh ke rahim saya?Apa tidak akan terjadi sesuatu di kemudian hari?Untuk menjaga kondisi rahim saya supaya sehat kembali sy hrs mlkkn apa?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Kuretase adalah tindakan medis untuk membersihkan sisa jaringan di rahim salah satunya akibat keguguran. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan rahim dari sisa jaringan yang bisa memicu perdarahan pasca keguguran ataupun memicu infeksi. 

Pasca kuret jika dilakukan dengan tepat dan tanpa adanya gangguan lain maka tidak berpengaruh pada kesehatan rahim. Hanya jika dilakukan kuret tajam bisa ada risiko komplikasi yang jarang terjadi seperti misalnya terbentuk luka dan jaringan parut yang bisa berpengaruh pada siklus menstruasi dan kesuburan.

Untuk pantangan atau makanan yang perlu dikonsumsi pasca kuret sendiri tidak ada yang khusus tetapi jika ingin kembali hamil pasca kuret perlu menghindari makanan seperti makanan cepat saji atau junk food, batasi makanan manis, batasi makanan berlemak atau produk susu berlemak, dan juga hindari produk kedelai. Dan yang perlu dikonsumsi adalah makanan yang mengandung folat, zat besi, kalsium, magnesium dan juga protein agar membantu mempersiapkan nutrisi untuk hamil berikutnya. Konsultasikan juga kondisi Anda pada dokter kandungan dan kebidanan yang menangani Anda untuk memantau kondisi pasca kuret. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat penguat kandungan biasanya diresepkan dokter untuk mencegah keguguran berulang

Obat Penguat Kandungan Ini Dianggap Efektif Mencegah Keguguran

Untuk mencegah keguguran berulang, dokter biasanya meresepkan obat penguat kandungan bagi wanita hamil. Apa saja jenis obat ini? Benarkah obat ini efektif mencegah keguguran?