Bagaimana perawatan penyakit bronkitis?

RN Info Penanya: RN, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum dok,orang tua saya didiagnosa oleh dokter terkena penyakit bronkitis,cara penyembuhan nya gimana ya dok,terus gimana juga cara ngerawatnya dirmh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, RN.

Bronkitis adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus, bakteri, iritan seperti asap, atau partikel lain yang memperburuk saluran bronkus. Bronkitis dapat terjadi secara akut maupun kronis. Bronkitis kronis sering terjadi setidaknya tiga bulan dalam setahun dan melibatkan batuk basah hampir setiap hari dalam sebulan. Jika Anda memiliki bronkitis kronis, maka Anda memerlukan perawatan medis dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Dokter Spesialis Paru. Untuk itu jika Anda sudah terdiagnosis Bronkitis oleh Dokter, maka sebaiknya tetap rutin untuk konsultasi setiap jadwal yang ditetapkan untuk mendapatkan perawatan medis.

Selain perawatan medis yang diberikan oleh Dokter Anda, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala bronkitis, yaitu:

  • Mengonsumsi rempah seperti jahe, bawang putih, kunyit.
  • Ini akan membantu Anda untuk mengeluarkan lender lebih mudah.
  • Berkumur dengan air garam dalam air hangat di belakang tenggorokan Anda.
  • Tidur dan biarkan tubuh Anda beristirahat.
  • Hindari merokok dan pakai masker untuk menghindari polusi.
  • Cuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penyebaran infeksi.
  • Gunakan pelembab udara.

Penyakit bronkitis akan membaik dalam waktu sekitar tiga minggu. Sedangkan bronkitis kronis akan lebih memerlukan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Penderita bronkitis kronis terkadang akan merasa sesak dan mengalami batuk yang berlangsung hampir setiap hari. Untuk itu diperlukan dukungan psikologis untuk menenangkan penderita dan memberikan semangat untuk tetap menjalani perawatan medis dari Dokter.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

Dr. Riani AZ

RN
03 May 2019, 07:25
Dok,ternyata kemarin positifnya tbc ,bukan kah itu penyakit menular? Lalu gimana ya dok cara perawatan dirmh
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pilek adalah bentuk paling umum dari ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) bagi pemudik

Seputar ISPA, Penyakit yang Paling Banyak Diderita Pemudik

Selama masa mudik Lebaran lalu, Kementerian Kesehatan mencatat, penyakit yang paling banyak diderita oleh para pemudik adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) seperti pilek.