Bagaimana pengobatan akibat alergi obat ?

NS Info Penanya: NS, Pria, 19 Tahun
Cara mengatasi alergi obat gmn ya ,abis minum obat badanku merah 2 ky kringetn Buntet to gk ilang2,minta solusinya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NS.

Reaksi simpang obat (RSO) didefiniskan sebagai reaksi yang tidak diinginkan atau pun reaksi yang berbahaya yang muncul pada dosis normal. Alergi obat adalah reaksi simpang obat yang melibatkan mekanisme imunologis. Reaksi alergi obat bisa menyerupai alergi pada umumnya seperti urtikaria, anafilaksis, dan asma.

Alergi obat jarang terjadi pada pajanan pertama, lebih cenderung terjadi pada pajanan ulang karena reaksi ini memerlukan memori (sensitasi) dengan gambaran reaksi yang terjadi pada pajanan berikutnya yang terjadi lebih cepat.

Manifestasi kulit reaksi alergi obat yang tersering adalah eksantema (erupsi makulopapular). Lesi kulit
biasanya gatal yang pada awalnya makula dan kemudian berkembang menjadi papula dan akhirnya muncul sebagai plak. keluhan lain dapat berupa urtikaria dan angioedema, yang paling parah bisa berupa syok anafilaktik.

Keluhan yang anda rasakan perlu dipastikan apakah merupakan suatu reaksi alergi obat atau bukan, dengan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang oleh dokter.

Dasar tatalaksana alergi obat adalah menghindari faktor yang menimbulkan gejala dan pengobatan reaksi dengan benar. Jika tidak terdapat reaksi alergi yang hebat seperti syok anafilaktik, cara penanganan akibat reaksi alergi adalah penghentian obat yang diberikan, pemberian antihistamin dan pertimbangan untuk pemberian kortikosteroid oral. 

Selengkapnya tentang alergi obat, dapat anda baca disini.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggaruk bagian kulit yang terkena dermatitis kontak dapat membuat kulit iritasi

Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh iritasi suatu zat di kulit atau memicu reaksi alergi. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. Gejala yang muncul adalah gatal, kulit kering dan bersisik, ruam merah, kulit melepuh lecet, dan kulit pecah-pecah.