Bagaimana penanganan vertigo?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
''dokter sya ingin bertanya, tadi pagi saya sdh bertanya dan di jawab oleh dr. andre zaini. yaitu tentang keluhan saya, dan disebut benig paraxysmal positional vertigo. nah sampai sekarang pun pusingnya masih ada tpi tdk terlalu bgt seperti tadi pagi, mualnya juga, tapi terasa berat kepala di sebalah kiri dari tengah ke belakang, serta untuk berjalan radak geliemg tpi tdk seperti tdi pagi juga, trs juga rasnya lemas tpi tdk seperti tadi pagi itu kenapa?. trs apakah BBPV itu termasuk vertigo yg berat,ringan, atau sedang, atau pada umumnya sering terjadi?, lalu itu karena faktor apa? apa vertigo itu bisa jadi keturunan? soalnya ayah saya juga vertigo. trs bagaimana saya mengatasinya. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RA

Saya coba lanjutkan penjelasannya ya. Vertigo sebenarnya dapat berkurang dengan sendirinya. Tapi kalau vertigonya sering berulang sebaiknya periksa dulu ke dokter pastikan tidak ada faktor klinis lain yang mendasarinya. Berat atau ringannya tergantung dari penyebabnya, begitu juga untuk terapinya. 

Kalau memang murni dari pusat keseimbangan di telinga. Salah satu teknik yang bisa dilakukan di rumah adalah teknik Epley yang sering saya ajarkan kepada pekerja industri yang bekerja di ketinggian. Teknik Epley untuk telinga kiri sedikit mirip seperti yoga, yaitu :

  • duduk di tepi tempat tidur dan memutar kepala 45 derajat ke kiri
  • berbaring cepat dan menghadap ke atas di tempat tidur pada sudut 45 derajat
  • mempertahankan posisi selama 30 detik
  • memutar kepala setengah jalan - 90 derajat - ke kanan tanpa menaikkannya selama 30 detik
  • memutar kepala dan seluruh tubuh ke sisi kanan, melihat ke bawah selama 30 detik
  • perlahan kembali ke posisi duduk tetapi tetap duduk setidaknya selama beberapa menit

Untuk lebih jelasnya gambar bisa dicari di internet. Bila keluhan masih ada sebaiknya anda periksa dahulu ke Dokter Spesialis THT terutama telinga yang sebelah kiri anda. Bila telinga tidak ada masalah, anda mungkin memerlukan pemeriksaan lain dan dikonsulkan ke Dokter Spesialis Saraf.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini