Bagaimana penanganan tekanan darah tinggi ?

KK Info Penanya: KK, Pria, 19 Tahun
Selamat malam dokter,,Mamah saya puya darah tinggi ,,Tolong dok saran ya untuk mengurangi darah tinggi ,,Dan terpai apa yang bisa mengurangi darah tinggi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, KK.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyebab utama mortalitas dan morbiditas di Indonesia.

Tatalaksana hipertensi meliputi :

1. Non-farmakologis dengan cara menjalani pola hidup sehat, antara lain :

  • Penurunan berat badan. Mengganti makanan tidak sehat dengan memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan dapat memberikan manfaat yang lebih selain penurunan tekanan darah, seperti menghindari diabetes dan dislipidemia.
  • Mengurangi asupan garam. Di negara kita, makanan tinggi garam dan lemak merupakan makanan tradisional pada kebanyakan daerah. Tidak jarang pula pasien tidak menyadari kandungan garam pada makanan cepat saji, makanan kaleng, daging olahan dan sebagainya. Tidak jarang, diet rendah garam ini juga bermanfaat untuk mengurangi dosis obat antihipertensi pada pasien hipertensi. Dianjurkan untuk asupan garam tidak melebihi 2 gr/ hari.
  • Olahraga. Olahraga yang dilakukan secara teratur sebanyak 30 – 60 menit/ hari, minimal 3 hari/ minggu, dapat menolong penurunan tekanan darah. Terhadap pasien yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga secara khusus, sebaiknya harus tetap dianjurkan untuk berjalan kaki, mengendarai sepeda atau menaiki tangga dalam aktifitas rutin mereka di tempat kerjanya.
  • Mengurangi konsumsi alkohol. Walaupun konsumsi alkohol belum menjadi pola hidup yang umum di negara kita, namun konsumsi alkohol semakin hari semakin meningkat seiring dengan perkembangan pergaulan dan gaya hidup, terutama di kota besar. Konsumsi alkohol lebih dari 2 gelas per hari pada pria atau 1 gelas per hari pada wanita, dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian membatasi atau menghentikan konsumsi alcohol sangat membantu dalam penurunan tekanan darah.
  • Berhenti merokok. Walaupun hal ini sampai saat ini belum terbukti berefek langsung dapat menurunkan tekanan darah, tetapi merokok merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular, dan pasien sebaiknya dianjurkan untuk berhenti merokok.

2. Farmakologik, dengan obat-obat anti hipertensi

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, agar mendapat penanganan yang tepat.

Lebih lanjut tentang tekanan darah tinggi, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Daging kambing bukan pemicu darah tinggi, namun dapat menimbulkan efek termogenik atau panas dari metabolisme tubuh

Daging Kambing Menyebabkan Darah Tinggi, Cuma Mitos atau Fakta?

Melimpahnya daging kambing dan sapi usai Idul Adha membuat konsumsi kedua daging tersebut meningkat dalam masyarakat. Namun, ada mitos yang berkembang sejak dahulu yang menyatakan bahwa mengonsumsi daging kambing dapat menyebabkan darah tinggi.