Bagaimana penanganan pusing ?

BS Info Penanya: BS, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya,untuk mengatasi darah rendah apa yg harus saya lakukan? Dalam beberapa waktu sering terjadi tiba2 pusing,terkadang pingsanSelain obat penambah darah, makanan apa saja yg harus dikonsumsi setiap hari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, BS.

Terkait keluhan anda, perlu dipastikan apakah penyebab pusing hingga pingsan yang anda alami adalah tekanan darah rendah ataukah kondisi medis lain. Penyebab pusing sangat beragam seperti hipoglikemia (gula darah rendah), infeksi kuman (virus, bakteri, dll), gangguan di mata (mata rabun, astigmatisme, dll), efek samping obat, anemia, gangguan irama jantung, dehidrasi ataupun stres berlebihan.

Gejala yang anda rasakan tidaklah spesifik, Untuk mengetahui secara pasti penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, sebaiknya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut yakni anamnesa (tanya-jawab), pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang sesuai indikasi, sehingga terapi yang diberikan sesuai.

Pengobatan sementara yang dapat anda lakukan :

  • Istirahat cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan bergizi, buah-buahan
  • Minum yang cukup untuk cegah dehidrasi
  • Makanlah tepat waktu
  • Hindari atau kelola stress
  • Minum multivitamin

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia sel sabit pada pria bisa menyebabkan priapismus, infertilitas hingga gangguan ginjal pada pria.

Anemia Sel Sabit pada Pria Picu Infertilitas

Anemia sel sabit dapat dialami oleh pria dan wanita, tetapi pada pria, anemia sel sabit dapat memicu infertilitas dan dampak negatif lainnya. Meskipun belum ada obatnya, anemia sel sabit dapat ditangani dengan pemberian antibiotik.