Bagaimana penanganan perut buncit ?

LV Info Penanya: LV, Pria, 19 Tahun
Cara mengecilkan perut buncit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LV.

Lemak di perut adalah penumpukan lemak pada jaringan adiposa/jaringan lemak yang terletak di bawah permukaan kulit perut atau hypodermis. Dimana pada pria lemak itu akan lebih banyak tersimpan di daerah perut, sedangkan wanita penumpukan lemak terjadi di daerah perut, pinggang, dan pinggul. Lemak yang tertumpuk di daerah perut akan menyebabkan perut itu buncit. Perut buncit adalah tanda obesitas sentral.

Obesitas sentral merupakan kondisi kelebihan lemak yang terpusat pada daerah perut. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa peningkatan risiko kesehatan lebih berhubungan dengan obesitas sentral dibandingkan dengan obesitas umum.

Obesitas sentral dapat terjadi karena adanya perubahan gaya hidup. Seperti tingginya konsumsi minuman beralkohol, kebiasaan merokok, tingginya konsumsi makanan berlemak, rendahnya konsumsi sayuran dan buah, dan rendahnya aktivitas fisik . Selain itu, peningkatan umur, perbedaan jenis kelamin, dan status sosial ekonomi diduga juga berhubungan dengan kejadian obesitas sentral.

Obesitas sentral dapat di atasi dengan berbagai cara, yaitu :

  • Lakukan lebih banyak aktivitas fisik
  • Kurangi makanan berlemak dan konsumsilah sayur dan buah lebih banyak
  • Lakukan olahraga yang berfokus mengurangi jumlah lemak yang terdapat di perut
  • Banyak minum air putih
  • Hindari makanan dan minuman yang kaya akan gula
  • Istirahat yang teratur
  • Olahraga yang berfokus mengurangi jumlah lemak di perut ialah olahraga dengan mengkombinasikan antara latihan yang bersifat aerobik seperti treadmill dengan latihan beban (abdominal strengthening). Bila olahraga dilakukan dengan teratur, lemak yg menyebabkan obesitas sentral juga dapat berkurang.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat saffron tak hanya sebagai penyedap masakan tetapi sekaligus untuk kesehatan

Manisnya Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

Manfaat saffron tidak hanya terletak dari aroma harum dan cita rasanya yang memanjakan lidah, tetapi juga mampu memberikan berbagai manfaat terhadap kesehatan, seperti menurunkan berat badan, dan sebagainya.