Bagaimana penanganan keputihan ?

DD Info Penanya: DD, Pria, 19 Tahun
Keputihan pada wanita sampai berhari" apakah itu tidak berbahaya?? Dan apa obat nya biar g keputihan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,DD.

Keputihan merupakan gejala keluarnya cairan dari keluar dari liang vagina secara berlebihan dan tidak berupa darah. Keputihan ada yang normal (fisiologis) dan abnormal (patologis).

Keputihan normal biasanya terjadi menjelang dan sesudah haid, mendapatkan rangsangan seksual, stress berat, sedang hamil ataau mengalami kelelahan. cairan yang keluar berwarna jernih atau kekuningan, tidak berbau dan tidak terasa gatal, tidak perlu tindakan medis tertentu. Keputihan yang abnormal biasanya jumlah lebih banyak, warnanya putih seperti sus susu basi, kuning atau kehijauan, disertai dengan rasa gatal dan pedih, terkadang bau busuk dan amis. keputihan menjadi salah satu tanda atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi, polip leher rahim,tumor (jinak atau ganas). Namun tidak semua infeksi pada saluran reproduksi wanita memberikan gejala keputihan

Bagaimana mencegah keputihan ?
Menghindari berganti-ganti pasangan hubungan seksual, menjaga kebersihan alat kelamin, membilas vagina ke arah yang benar, mengeringkan vagina sebelum memakai celana dalam, mengurangi konsumsi makanan yang manis, memakai celana dalam yang menyerap keringat dan tidak ketat, istirahat yang cukup, hindari dan kelola stress, olahraga teratur, makanan buah-buahan dan sayur.

Pengobatan seperti pemberian anti jamur, antibiotik, antivirus, diberikan berdasarkan diagnosis dan penyebab yang mendasarinya, sebaiknya ke dokter untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar terapi yang diberikan tepat sasaran.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kelamin tidak selalu menimbulkan gejala sehingga sering kali menyerang tubuh tanpa disadari

Get Tested! Pastikan Anda Bebas dari Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual tidak selalu menimbulkan gejala sehingga sering kali menyerang tubuh tanpa disadari. Itulah mengapa skrining menjadi penting. Mengetahui status kesehatan Anda juga merupakan salah satu langkah menerapkan seks yang aman, bagi Anda dan pasangan.