Bagaimana penanganan infeksi jamur pada kuku ?

PC Info Penanya: PC, Pria, 19 Tahun
Apa yang harus dilkukan saat kuku terkena jamur(? dan gatal? {Saat dipotong sampai bawah tidak sakit tapi ada sebagian kuku yang masih menempel, dan sakit}
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PC.

Onikomikosis adalah istilah umum untuk kelainan kuku akibat infeksi jamur. Penyebabnya jamur Trycopyton, Epidermophyton, Microsporum.

Gejala onikomikosis sangat bervariasi seperti kusam, menebal,rapuh dan retak. Penyakit lain yang menyerupainya infeksi bakteri, liken planus, psoriasis, trauma kontak, onikotilomania .

Anamnesa dan gambaran klinis saja pada umumnya sulit untuk memastikan diagnosis, apalagi onikomikosis dapat merupakan infeksi sekunder pada kelainan kuku yang telah ada sebelumnya. Mengingat banyaknya diagnosis banding secara klinis, pemeriksaan penunjang (KOH) di perlukan.

Bagaimana mengobati infeksi jamur pada kuku ?
Dengan pemberian obat anti jamur (minum ataupun topikal) sesuai penyebab, terapi bedah (pengangkatan kuku) dengan memperhatikan indikasi dan kontraindikasi tergantung hasil pemeriksaan.

Sebaiknya anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar ditangani sesuai penyebabnya.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan biasanya disebabkan oleh kutu kemaluan dan infeksi jamur cruris. Infeksi jamur cruris tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan saja, tetapi bisa juga pada daerah paha dalam dan pantat. Ciri-ciri gatal selangkangan dapat dilihat dari kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.