Bagaimana penanganan gangguan depresi ?

R Info Penanya: R, Wanita, 19 Tahun
Assalamualaikum dok , saya mau tanya.. adakah obat yang bisa menyembuhkan depresi seseorang .?? Dan apa saja obat nya.??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Saat diagnosis gangguan depresi mayor sudah ditegakkan oleh dokter, pengobatannya antara lain :
1. Obat-obatan anti depresan seperti golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), serotonin-norepinefrin reuptake inhibitor (SNRI), atidepresan atipikal, penghambat monoamine oxidase dan antidepresan trisiklik.
2. Pskoterapi, Di kenal juga dengan terapi psikologis dimana membicarakan tentang kondisi dan masalah yang di alami. Psikoterapi dapat membantu : mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, mencari jalan terbaik untuk menghadapi masalah dan bagaimana cara mengatasinya, meningkatkan rasa percaya diri, memulihkan rasa kepuasan atau kontrol dalam kehidupan diri sendiri.
3. Perubahan gaya, Dapat memperbaiki gejala depresi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti salmon, kaya vitamin B seperti kacang-kacanga seperti buncis, kedelai, dan gandum. Makanan yang mengandung magnesium seperti yogurt, kacang-kacangan, Jangan minum alkohol, olahraga teratur, tidur yang cukup 6-8 jam sehari pada malam hari.
Jika sudah mempunyai pikiran menyakiti diri sendiri seperti keluhan anda sebaiknya dirawat di rumah sakit selama pengobatan.

Sebaiknya ke dokter spesialis kejiwaan, agar dapat diperiksa dan diberikan terapi yang sesuai.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.