Bagaimana penanganan cedera pada ibu jari?

FR Info Penanya: FR, Pria, 19 Tahun
ketika cedera pada bagian jempol kaki atau di leher jempol kaki bagaimana penyembuhan tercepat nya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, FR

 

Untuk mengatasi cedera yang anda alami, tentunya harus melalui pemeriksaan langsung untuk melihat cedera yang dimaksud seperti apa, dan untuk mengetahui apakah penyebab cedera yang dialami. Maka dari itu diharapkan anda segera ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat.

Berikut penjelasan mengenai cedera yang umum terjadi,

1. Terbentur : Ibu jari kaki sering terkena benturan benda tumpul, dapat disebabkan oleh tersandung, keseleo, atau terinjak. Gejala yang dialami adalah nyeri, jika benturan cukup keras dapat menimbulkan memar berupa kebiruan, dan bengkak. Pada kondisi ini, yang dapat anda lakukan adalah hindari menggunakan alas kaki tertutup seperti sepatu, kaus kaki, istirahatkan kaki anda, kompres dengan es batu, posisikan kaki anda lebih tinggi. 

2. Terkena benda tajam : Ibu jari kaki juga dapat terluka akibat terkena benda tajam. Jika ibu jari anda mengalami robek dan pendarahan, segeralah ke UGD ya. Pastikan luka terbuka tidak terkontaminasi kotoran dan segera bersihkan dengan air bersih yang mengalir. 

3. Patah tulang ibu jari, gejala yang dialami adalah deformitas/perubahan pada tulang ibu jari, nyeri saat digerakan dan bengkak pada area ibu jari. Patah tulang dapat disertai dengan luka terbuka atau tertutup maka jika mengalaminya segeralah ke UGD.

4. Kuku yang terlepas. Kuku yang terlepas sebaiknya segera ke UGD ya agar segera dibersihkan dan terhindar dari infeksi

5. Cantengan, hal ini sering terjadi pada ibu jari biasanya diakibatkan karena memotong kuku terlalu dalam sehingga kuku yang tumbuh akan menekan kulit sekitanya dan menyebabkan nyeri, bengkak, bernanah, tidak nyaman saat memakai alat kaki. Anda dapat mengompres air hangat pada ibu jari anda, lalu anda dapat meminum Paracetamol untuk meredakan sementara, setelah itu segeralah ke dokter ya.

 

Jika mengalami cedera jangan menunda untuk diperiksa ya, segeralah ke UGD untuk diperiksa. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tindakan pada cedera yang dialami, jika terdapat nyeri tanpa luka terbuka, dokter akan melakukan pemeriksaan krepitasi untuk memastikan adakah patah pada tulang ibu jari anda, jika anda mengalami cantengan atau kuku yang terlepas sebagian kemungkinan dokter akan melakukan pencabutan kuku. Semakin cepat dilakukan pemeriksaan maka akan menghindari kemungkinan infeksi dan cedera yang lebih parah.

 

Semoga bermanfaat,

Salam Sehat

dr. Karlina Lestari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikan merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang dapat membantu penyembuhan patah tulang

Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Pemulihan Patah Tulang

Ikan, kuning telur, hingga jamur merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang dapat membantu penyembuhan patah tulang dan mengurangi risiko kerusakan tulang.