Bagaimana penanganan cantengan ?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 19 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya bahwa kurang lebih 1 tahun saya memiliki cantengan di jempol kaki.Kata ibu saya "biarkan kuku saya tumbuh dulu (agar bisa melebihi daging jempol kaki saya) supaya nanti gak cantengan lagi" tetapi sekarang jempol saya menjadi bengkak (jika dilihat seperti kelebihan daging). Setelah saya tanya dokter UKS katanya disuruh pake rifanol. Saya sudah pakai rifanol sekitar 3 bulanan tapi hasilnya sama saja. Jadi saya harus bagaimana dokter untuk mengatasi cantengan ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA.

Cantengan merupakan kondisi dimana bagian sisi samping kuku tumbuh menekan jaringan lunak/kulit di sekitarnya, yang mengakibatkan nyeri, kemerahan, bengkak dan terkadang infeksi. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki.

Penyebab cantengan :
- Memakai sepatu yang terlalu sempit
- Mengguntung kuku jari kaki terlalu pendek
- Cedera/trauma
- Bentuk kuku jari kaku yang tidak biasanya

Yang dapat anda lakukan adalah jaga kebersihan jari kuku, memakai sepatu yang sesuai, gunting kuku jangan terlalu pendek, jika ada tanda infeksi seperti adanya nanah, bengkak segera ke dokter agar mendapat pengobatan yang sesuai. Dokter akan memberikan antibiotik, antiradang atau anti nyeri bahkan mempertimbangkan tindakan bedah minor (operasi kecil) sesuai hasil pemeriksaan.

Selengkapnya tentang cantengan, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangaadji

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda boleh mengoleskan lotion anti nyamuk untuk bayi jika ia sudah berusia di atas 2 bulan

Kapan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Boleh Diberikan?

Salah satu cara agar bayi Anda tidak digigit nyamuk adalah dengan mengoleskan antinyamuk. Lotion anti nyamuk untuk bayi sah-sah saja digunakan bayi berusia di atas 2 bulan.