Bagaimana penanganan batuk dan pilek pada bayi ?

NP Info Penanya: NP
Mlm dok sya mau tanya,Anak sy usianya 3 bulan sedang mengalami batuk pilek, tk kunjung sembuh sudah 2 mingguan, tp gk demamApa yg harus sy lakukan ya dok ? Apa harus ke dokter spesialis anak ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NP.

Batuk dan pilek adalah masalah yang sering kita jumpai pada bayi dan anak-anak. Penyebabnya bervariasi, mulai dari penyakit ringan, yang dapat sembuh sendiri sampai penyakit berat.
Berikut penyebab batuk untuk usia 2 bulan - 5 tahun seperti pneumonia, bronkiolitis, asma, tuberkulosis, pertusis, alergi.

Untuk menegakkan diagnosis dan penyebab, sebaiknya periksakan anak anda ke dokter spesialis anak. Di butuhkan pemeriksaan yakni anamnesa (tanya-jawab) seperti sejak kapan keluhannya, sesak napas, muntah, ada orang dewasa yang batuk dirumah atau merokok; pemeriksaan fisik (di periksa tanda vital, didengar suara napas dan jantung); pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan rontgen thorax sesuai indikasi.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan : Tetap berikan asi, jauhkan dari asap rokok, hindari paparan debu, ciptakan lingkungan yang bersih, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi, tetes saline/larutan Natrium klorida (anda bisa beli di apotek terdekat, teteskan dengan pipet pada hidung tersumbat sebanyak 1- 2 tetes pada masing-masing lubang hidung, dengan posisi kepala bayi agak menengadah), bayi tidur dengan posisi kepala sedikit tinggi.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit DBD pada anak bisa menyebabkan kematian

Ini Kata Dokter Spesialis Anak Seputar Penyakit DBD pada Anak

Penyakit demam berdarah dengue merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa. Berikut adalah beberapa penjelasan dan tips dari dokter spesialis anak seputar penyakit DBD pada anak.