Bagaimana penanganan batu ginjal ?

EN Info Penanya: EN, Pria, 19 Tahun
Dok, saya eko susilo dari rembang jateng dokSaya mau tanya, saat ini kondisi saya sedang dalam kondisi kambuh terkait batu ginjal. Ini sudah saya obatkan ke dokter hampir 1 minggu konsumsi obat dr dokter tsb. Namun, sampai saat ini rasa sakit pada pinggang dan bagian bawah perut nggak hilang -hilang. Dulu hampir tiga bulan yg lalu pernah keluar batu seperti karang saat kencing. Apa yg harus saya lakukan dok, mohon pencerahan.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EN.

Batu ginjal adalah suatu penyakit dengan gejala ditemukannya satu atau beberapa massa keras seperti batu yang terdapat di dalam tubuli ginjal, kaliks, infundibulum, pelvis ginjal, dan dapat menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih, atau infeksi.

Terkait keluhan anda, jika anda sudah didiagnosa dokter menderita batu ginjal dan sudah diberikan terapi penghilang nyeri namun belum ada perbaikan, sebaiknya anda kontrol ulang ke spesialis urologi agar mendapat penanganan yang tepat. Karena penyebab nyeri yang anda rasakan akibat dari batu di saluran kemih, sehingga penanganannya adalah dengan menghilangkan batu tersebut dan mengobati komplikasi jika sudah terjadi.


Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai batu ginjal, pada artikel berikut.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan endapan mineral yang terbentuk di dalam saluran kemih

Kenali Tanda-tanda Batu Ginjal, Mulai dari Nyeri Pinggang Hingga Demam

Batu ginjal adalah endapan mineral yang terbentuk di dalam saluran kemih. Tanda-tanda batu ginjal yaitu nyeri pinggang, nyeri saat buang air kecil, perubahan warna urine, demam dan menggigil.