29 May 2021, 19:30Perut

Bagaimana ciri-ciri sakit maag?

Z0
Info Penanya: Z00
Hallo dok, saya pria, umur 23 tahun. Saya sudah 3 minggu mengalami maag. Sudah ke dokter umum. Keluhan saya adalah dada nyeri seperti tertusuk bukan nyeri panas, sakit di perut kiri dan kanan. Nah banyak dari penderita maag kan mengalami nyeri dada seakan-akan dada panas, namun yang saya rasakan kok nyerinya seperti tertusuk-tusuk ya dok? Apa memang nyeri dada maag itu berbeda-beda? Dan meskipun nyeri dada saya juga tidak sesak, tapi sering pengap karena saya obesitas. Saya juga jarang kembung.
84 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi ZGangguan lambung atau sakit maag dapat mengenai segala usia. Pada dasarnya gangguan lambung itu ada beberapa macam dengan gejala-gejala yang bervariasi.

Jenis Penyakit Maag

Setiap orang pun akan bisa merasakan gejala yang berbeda-beda. Penyakit maag terdiri dari beberapa kondisi berikut:

Gejala Penyakit Maag

Gejala dada panas seperti terbakar atau istilahnya hearbutn sangat umum ditemui pada penyakit GERD. Gejala umum dari penyakit maag lainnya bisa berupa sesak, nyeri dada atau nyeri ulu hati menembus punggung seperti ditusuk-tusuk, berdebar, perut kembung, mual muntah, tenggorokan mengganjal dan sebagainya.Keluhan nyeri dada bisa terjadi pada semua jenis penyakit maag, namun lebih seringnya karena tukak lambung atau gastritis. Obesitas merupakan salah satu faktor resiko seseorang terkena penyakit maag karena lemak yang menumpuk dapat menekan lambung, sehingga mengganggu kerja lambung. Penyakit maag ini sebagian besar dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Karena itu untuk mencegah kekambuhan dan keparahan kondisi maka baiknya adalah dengan melakukan perubahan kebiasaan hidup yang sehat serta mengurangi konsumsi pedas, asam, tinggi lemak, soda, alkohol, kopi dan tdak merokok.Anda bisa mengkonsumsi obat golongan antasida sebagai penanganan awal atau bisa berkonsultasi dengan dokter. Apabila penyakit maag anda berlangsung kronis dan tidak membaik dengan berbagai pengobatan, anda perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam bagian gastroenterologi.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
asam lambungmaaggerdtukak lambungdispepsiagastritis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil