Bagaimana menyembuhkan mata silinder?

ES Info Penanya: ES, Wanita, 16 Tahun
Menyembuhkan mata silinder ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam.

 

Terimakasih Ella atas pertanyaannya.

 

Dalam istilah medis, mata silinder dikenal juga sebagai astigmatisme. Pada kondisi ini penglihatan dapat berbayang dan kabur akibat bentuk lensa maupun kornea yang memiliki kelengkungan tidak sempurna. Akibatnya, saat cahaya datang ke mata, persebaran cahaya menjadi tidak merata dan memberikan anda penglihatan yang kurang jelas.

 

Apa penyebab terjadinya mata silinder?

Mungkin sering kita dengar di masyarakat bahwa mata silnder dapat diakibatkan oleh membaca terlalu dekat, bermain hp maupun komputer terlalu lama, ataupun beraktivitas di ruangan redup. Namun hal tersebut hanyalah mitos. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gangguan penglihatan ini disebabkan oleh ketidaksempurnaan lengkung mata. Umunya, kondisi ini merupakan bawaan atau sejak lahir dan baru mengakibatkan gejala seiring dengan pertumbuhan ukuran sumbu bola mata. Namun dapat juga disebabkan oleh cedera pada mata, setelah operasi mata, maupun penyakit pada mata.

 

Lalu, apakah mata silinder dapat disembuhkan?

Mata silinder tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan tetes mata maupun obat minum. Namun gangguan penglihatan ini dapat diatasi dengan beberapa hal berikut:

 

1. Penggunaan Lensa Kontak ataupun Kacamata Khusus Silinder

Penggunaan lensa kontak ataupun kacamata khusus silinder pada dasarnya adalah membantu membelokkan cahaya agar jatuh tepat di saraf penglihatan sehingga penglihatan dapat lebih jelas. Akan tetapi, lensa kontak maupun kacamata hanya bersifat membantu penglihatan namun tidak dapat menyembuhkan mata silinder.

 

2. Tindakan Operasi pada Mata

Pada tindakan operasi, dilakukan perbaikan pada kornea mata secara permanen. Dapat pula dilakukan operasi pada saraf mata agar cahaya dapat jatuh tepat pada titik yang diharapakan dan penglihatan tidak kabur lagi.

 

Biasanya penderita mata silinder akan disarankan memakai kacamata terlebih dahulu. Namun apabila semakin mengganggu tindakan operasi pada mata mungkin dibutuhkan.

 

Gangguan penglihatan  baik mata silinder, mata minus, maupun mata plus, sering kali menimbulkan gejala mata lelah maupun nyeri kepala. Oleh karena itu, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelelahan pada mata:

1. Selalu berikan waktu pada mata untuk beristirahat, apalagi jika Anda bekerja di depan layar komputer maupun gadget anda.

2. Atur jarak dan pencahayaan saat beraktivitas. Jarak baca yang terlalu dekat maupun pencahayaan yang redup dapat mencetuskan kelelahan pada mata.

3. Jika anda menggunakan kacamata, gunakanlah kacamata anda saat beraktivitas agar mata anda tidak lelah karena terus berusaha menyesuaikan pandangan yang kabur.

4. Apabila penglihatan dirasakan lebih kabur, segera periksakan mata anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

 

Semoga jawaban saya dapat membantu.

 

Salam sehat,

dr. Annissa Fadila

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes buta warna bisa dilakukan secara online

Tes Buta Warna Bisa Dilakukan Online, Begini Cara Menjalaninya

Tes buta warna bisa dilakukan secara online. Cara melakukannya yaitu menggunakan tes skrining ishihara untuk mengetes buta warna merah-hijau, tes warna cambridge, anomaloskop.