24 Jul 2021, 13:05Pernapasan

Bagaimana menyembuhkan Covid secara mandiri?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, untuk pasien positif covid yang tidak parah dianjurkan untuk isolasi secara mandiri. Bagaimana cara menyembuhkan covid secara mandiri?
517 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang FF,Covid-19 adalah penyakit infeksi virus yang dapat menimbulkan gejala yang berbeda-beda pada masing-masing individu. Semakin kuat kekebalan tubuh seseorang, gejala yang ditimbulkan akan semakin ringan bahkan tanpa gejala. Jika orang tersebut masih berusia muda, tidak memiliki komorbid (penyakit penyerta), tidak sedang hamil, dan gejalanya ringan atau tidak ada; maka disarankan melakukan isolasi mandiri.Isolasi mandiri adalah melakukan karantina diri selama minimal 10 hari. Pada periode ini, disarankan untuk tidak bertemu dengan orang yang tidak terinfeksi, atau jika terpaksa maka wajib menjaga jarak. 

Cara menyembuhkan Covid secara mandiri 

Pada saat periode isolasi mandiri, Covid akan sembuh secara mandiri dengan kekebalan tubuh yang kuat. Jadi, yang dianjurkan dilakukan oleh penderita adalah menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap bekerja dengan baik, dengan cara-cara berikut:
  • mengonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan
  • mengonsumsi suplementasi yang dibutuhkan, terutama yang mengandung vitamin C, D, E, dan zinc
  • tidur cukup 7-9 jam pada malam hari
  • latihan napas setiap harinya
  • mengelola stres dengan baik
  • jika ada anosmia, lakukan cuci hidung dan menghirup aroma kayu putih secara rutin
Dengan cara-cara tersebut, diharapkan seseorang akan bebas gejala dalam waktu sepuluh hari. Jika benar pada hari kesepuluh bebas gejala, maka lakukan isolasi mandiri tiga hari lagi (10+3). Jika pada tiga hari tambahan tidak ada gejala, maka penderita dapat dinyatakan tidak infeksius lagi dan boleh beraktivitas kembali. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran pernapasancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil