Bagaimana mengobati telinga yang kemasukan air?

WP Info Penanya: WP
Dok, telinga sebelah kiri saya kemasukan air dan sampai beberapa hari masih tetap sama, suara2 jadi terdengar berdengung / terhalang. Jika di ruangan dg suhu dingin, kadang terasa sakit dan lebih berdengung. Apakah hal ini bisa diobati dengan obat tetes telinga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Telinga berdenging atau tinnitus (dalam bahasa medis) merupakan suatu kondisi gangguan pada telinga yang menyebabkan suara yang terdengar menjadi tidak jelas dan dapat mengganggu aktivitas. Penyebab tinnitus antara lain bisa karena trauma pada telinga, penyakit Meniere (penumpukan cairan di telinga), tumor pada otak, kehilangan fungsi pendengaran karena faktor usia, tulang yang bertumbuh secara abnormal di telinga, dan peradangan pada telinga dalam (labirinitis). Penyebab lain yang membuat telinga berdenging yaitu bunyi-bunyian yang terlalu keras, kotoran telinga yang menumpuk, adanya sesuatu yang masuk ke telinga seperti serangga, air, dll.

Obat untuk telinga berdenging tergantung dari penyebabnya. Jika karena kondisi kotoran telinga yang menumpuk, maka dokter akan membuang kotoran telinga dengan alat. Jika disebabkan karena infeksi telinga, maka akan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik untuk mengurangi peradangan. Jika karena tumor, maka akan dilakukan operasi. Jika telinga kemasukan air, maka Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini.

Cara mengeluarkan air dari telinga:

  • Lap telinga dengan kain agar air yang masuk dapat terserap ke kain.
  • Memiringkan kepala ke samping atau berbaring miring agar air mudah keluar dari dalam telinga.
  • Menguap bisa membantu membebaskan air dari telinga.
  • Mengunyah permen atau sesuatu agar air dapat terbebas dan keluar dengan mudah.

Jika cara-cara diatas sudah Anda lakukan dan tidak ada perubahan, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar diperiksa lebih lanjut dan keluhan Anda dapat ditangani dengan tepat. Untuk sementara, jangan sembarang memakai obat tetes telinga dulu. Karena tidak semua kondisi tinnitus harus diobati dengan obat tetes telinga.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ear candle dimasukkan ke dalam telinga untuk menarik kotoran yang ada

Adakah Manfaat Ear Candle? Ini Penjelasannya

Sebagian orang percaya bahwa manfaat ear candle adalah untuk membersihkan kotoran telinga. Namun, sebetulnya terapi tersebut memiliki risiko bahaya yang begitu besar.