Bagaimana mengobati susah tidur?

EN Info Penanya: EN, Wanita, 24 Tahun
Asalamu'alaikumDok, saya mau tanya. Akhir2 ini saya sering tidur diatas jam 10 karena banyaknya beban pikiran yg entah sayapun bingung harus mengatasinya bagaimana. Kadang, saya juga merasa cemas tiba2.Terima kasi sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EN,

Cemas adalah perasaan yang sering muncul akibat adanya masalah tertentu dan sering menyebabkan gangguan tidur. Cemas yang muncul secara berlebihan akan menyebabkan kegelisahan dan menimbulkan keluhan-keluhan lain seperti tidak napsu makan, mudah marah, sulit tidur, sering terbangun di malam hari, hingga gangguan menstruasi. Bila hal ini berlangsung secara terus menerus maka dapat muncul depresi yang akan semakin membahayakan diri sendiri dan orang lain. Sehingga sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk membantu meringankan beban yang sedang Anda rasakan saat ini.

Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi rasa cemas dan gangguan tidur yang sedang Anda rasakan :
  1. Lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berjalan-jalan di taman, mendengarkan musik, olahraga.
  2. Berbagi masalah yang saat ini sedang Anda rasakan dengan orang tua atau orang lain yang Anda percayai.
  3. Minum air rebusan kayu manis atau susu hangat sebelum tidur untuk membantu merelaksasi tubuh.
  4. Tarik napas dalam-dalam ketika rasa cemas mulai muncul.
  5. Tidur dengan iringan musik yang menenangkan.

Bila keluhan yang Anda rasakan semakin sering muncul dan muncul keluhan-keluhan lain seperti penurunan berat badan, sulit berkonsentrasi, maka segera lakukan pemeriksaan ke psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia adalah terapi perilaku kognitif

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut pada Penderita Fobia

Rasa takut adalah respons tubuh yang alamiah. Namun, rasa takut yang terjadi terus-menerus dapat menjadi fobia. Penderita fobia memerlukan penanganan khusus sebagai cara menghilangkan rasa takut yang dirasakan. Beberapa terapi yang umum digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia, antara lain terapi perilaku kognitif dan terapi pemaparan.