Bagaimana mengobati sakit gigi, sariawan yang disertai pembesaran kelenjar getah bening ?

RT Info Penanya: RT, Pria, 19 Tahun
Dok, saya punya sariawan di dinding mulut bawah bagian depan setara dengan 4 gigi dari gigi tengah yang udah hampir 1minggu tidak kunjung sembuh makin membesar dan sangat terasa perih lalu disaat ngerasa perih karna sariawan ditambah pula rasa sakit gigi yang sebenarnya gigi itu berlubang namun sudah ditambal, lalu juga ada benjolan dibagian rahang bawah dan terasa sakit jika dipegang, apa itu berhubungan dengan sariawannya dan apa obatnya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RT.

Dari keluhan yang anda rasakan, terdapat nyeri yang di sebabkan oleh sariawan dan sakit gigi.

Sariawan merupakan istilah umum adanya suatu peradangan pada jaringan lunak mulut seperti pada bagian dalam pipi, gusi, lidah, bibir, palatum (langit-langit), yang mengakibatkan nyeri, sehingga kadang membuat seseorang tidak bisa makan, sulit berbicara ataupun tidak bisa tidur.

Beberapa penyebab sariawan diantaranya  karena infeksi (bakteri, virus, jamur), defisiensi nutrisi (kekurangan zat besi, vitamin C, vit. B12), trauma (tergigit atau mengunyah benda keras), gangguan imunitas, manifestasi penyakit sistemik di mulut.

Sementara sakit gigi merupakan masalah pada saraf di akar gigi atau kondisi iritasi di sekitar gigi. Penyebab sakit gigi juga beragam, seperti kebersihan rongga mulut yang jelek (sisa makanan, gigi berlubang), infeksi pada gigi seperti Ginggivititis, trauma, sinusitis dimana nyerinya terasa sampai ke gigi.

Sakit gigi dan sariawan bisa menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening yang ada rasakan sebagai benjolan disertai nyeri pada rahang bawah anda, hal ini merupakan suatu reaksi akibat adanya infeksi dan akan sembuh jika penyebabnya teratasi.

Namun untuk memastikan keluhan yang anda rasakan, membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut agar penyebabnya dapat diketahui sehingga terapi yang diberikan sesuai.

Pengobatan sementara yang dapat di lakukan untuk mengurangi keluhan anda :
- Hindari makanan panas, pedas dan asin
- Perbanyak konsumsi buah
- Minum multivitamin
- Kumur air hangat atau air garam
- Sikat gigi minimal dua kali sehari sehabis makan
- Minum obat penghilang nyeri seperti paracetamol

Sebaiknya jika keluhan masih berlanjut, segeralah berkunjung ke dokter gigi.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep untuk berengan di bibir, disesuaikan dengan penyebab awal munculnya luka di sudut bibir

Salep untuk Berengan di Bibir, Mana yang Paling Manjur?

Dalam bahasa medis, luka di sudut bibir atau berengan disebut sebagai angular cheilitis. Selain menimbulkan rasa perih, kondisi ini akan membuat ujung bibir terlihat kering dan berdarah. Luka di sudut bibir bisa diobati, umumnya dengan bermacam-macam salep. Apa saja jenisnya?